dr. Irwin Lamtota, MKed(OG), SpOG. Foto: Dok/IG Unlimited Talks

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kesehatan mental telah menjadi perhatian utama dalam masyarakat modern, di mana tekanan hidup sehari-hari kerap mengganggu keseimbangan emosional banyak orang.

Meskipun berbagai faktor mempengaruhi kesehatan mental, salah satu aspek yang sering kali diabaikan adalah pola makan. Untuk menggali lebih dalam tentang hubungan antara makanan, suasana hati, dan kesehatan mental, dr. Arti Indira, MGz, Sp.GK.FINEM, dan dr. Irwin Lamtota, MKed(OG), SpOG hadir dalam obrolan siaran langsung Instagram Unlimited Talks, belum lama ini.

Dr. Arti Indira, spesialis gizi klinik di Beyoutiful Clinic by DrT, menjelaskan, kesehatan mental yang baik berkaitan dengan kemampuan seseorang menjalani aktivitas sehari-hari dan mengatasi tekanan. Menurutnya, kondisi mental yang sehat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah pola makan dan pilihan makanan.

Ia menekankan bahwa kesehatan mental bisa terganggu karena asupan nutrisi yang buruk. Sebagai solusi, ia menyarankan promosi gaya hidup yang baik, aktivitas fisik, dan tidur yang cukup.

Dr. Arti juga menekankan pentingnya diet gizi seimbang yang disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, aktivitas, dan kondisi kesehatan. Ia merekomendasikan piramida gizi atau “tumpeng gizi” yang merupakan salah satu konsep penting dalam upaya mempromosikan pola makan seimbang di Indonesia.

Tumpeng gizi berbentuk seperti tumpeng nasi kuning yang sering digunakan dalam perayaan tradisional di Indonesia, tetapi dalam konteks ini, setiap lapisan tumpeng merepresentasikan kelompok makanan yang berbeda dengan proporsi yang sesuai untuk konsumsi harian. Adapun komposisi utama tumpeng gizi yaitu dasar tumpeng yang terdiri dari sayur dan buah (50%), lapisan tengah berupa karbohidrat (25%), dan lapisan puncak berupa protein (25%).

Mengikuti panduan tumpeng gizi membantu memastikan asupan nutrisi yang seimbang, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Pola makan yang seimbang dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Selain itu, nutrisi yang tepat juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental, membantu mengatur suasana hati, dan meningkatkan kemampuan kognitif.