Ilustrasi menyimpan daging. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daging kurban jadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat perayaan Idul Adha. Umat muslim yang mampu biasanya akan mengeluarkan sebagian rezekinya untuk membeli hewan kurban. Karena itu akan ada banyak daging kurban yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat pada saat Idul Adha.

Jika kamu mendapatkan daging kurban dalam jumlah yang banyak pastinya tidak akan diolah sekaligus dalam satu waktu. Sisa daging yang belum terpakai tentunya akan disimpan untuk diolah di kemudian hari.

Kamu bisa melakukan pembagian daging kurban dalam bentuk daging segar atau bisa juga dimasak terlebih dahulu. Waktu pembagian daging kurban juga tidak harus di tanggal 10 Dzulhijjah.

Menurut Food Safety, daging sebaiknya disimpan pada suhu di bawah 40 derajat Celcius. Semakin dingin suhu penyimpanan, semakin baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Rentang suhu ideal untuk menyimpan daging adalah antara dua hingga lima derajat Celcius.

Adapun batas waktu daging sapi mentah disimpan di freezer yakni selama 6 hingga 12 bulan. Akan tetapi Organisasi Keamaanan Pangan AS merekomendasikan agar membekukan daging hanya sekitar dua hingga tiga bulan.

Dilansir dari Suara.com, lalu bagaimana cara menyimpan daging kurban agar tetap awet? Berikut ini informasinya.

1. Bersihkan Kulkas atau Freezer

Sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas atau freezer, pastikan dulu kondisi kulkas bersih dan terawat. Kulkas atau freezer yang kotor bisa menjadi tempat kuman dan bakteri berkembang. Agar makanan menjadi awet dan terjaga kebersihannya, bersihkan kulkas dan freezer secara teratur.

2. Jangan Cuci Daging

Mencuci daging dengan air nyatanya bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa membuat daging menjadi busuk. Selain itu mencuci daging dengan air bisa membuat daging menjadi bau dan menurunkan kualitas daging.

3. Potong Daging Menjadi Beberapa Bagian

Daging yang berukuran besar bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Pisahkan beberapa potong daging sesuai dengan porsi untuk satu kali memasak. Setelah dibagi daging per porsi, simpan di wadah tertutup. Cara ini juga memudahkan Anda jika ingin mencairkan daging yang beku.

4. Perhatikan Suhu Kulkas

Jaga suhu kulkas dalam kondisi stabil dan lebih dingin. Suhu dingin bertujuan untuk menghambat bakteri berkembang yang dapat mempengaruhi kualitas daging. Ketahanan daging yang disimpan dalam freezer juga tergantung dari suhu penyimpanan. Atur suhu freezer di angka -17,8°C agar kondisi daging tetap fresh dan nutrisinya tetap terjaga.

5. Bumbui Daging Kurban

Membumbui daging dengan beberapa bumbu dapur seperti kunyit dan garam dapat membunuh bakteri yang ada pada daging. Setelah daging dipotong-potong Anda bisa membumbuinya lalu masukkan ke dalam wadah dan letakkan di dalam freezer.

Demikian tadi beberapa cara menyimpan daging kurban agar tetap awet. Semoga Anda bisa mencobanya nanti pada saat Idul Adha.

Claudia