Lomba Pocil dan PKS Sambut Hari Bhayangkara Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) –Polres Grobogan menggelar Lomba Polisi Cilik yang merupakan rangkaian Hari Bhayangkara ke-78.

Lomba Pocil tersebut dilaksanakan Satlantas Polres Grobogan ini berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat, 20-21 Juni 2024 di GOR Bung Karno Purwodadi.

Sebanyak 31 tim Pocil dari tingkat SD/MI dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SMP/MTs serta SMA/SMK/MA mengikuti lomba ini.

Sebelum pelaksanaan lomba diadakan kegiatan apel yang dipimpin Wakapolres Grobogan, Kompol Gali Atmajaya dan dihadiri oleh PJU Polres Grobogan, perwakilan sekolah dan juga dari Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan dan Dinas Pendidikan Cabang Wilayah IV Jawa Tengah.

Dalam arahannya, Kompol Gali Atmajaya menjelaskan, polisi cilik atau yang disebut dengan pocil ini adalah salah satu program yang dijalankan secara berkesinambungan oleh kepolisian, khususnya di bidang lalu lintas dalam rangka pembinaan dan penyuluhan keselamatan berlalu lintas bagi anak usia dini.

“Kegiatan pocil ini sekaligus sebagai kegiatan ekstrakurikuler di luar jam sekolah bagi pelajar SD yang positif untuk mengurangi dampak negatif dari perkembangan teknologi di masa sekarang ini,” ukar Kompol Gali Atmajaya.

Tidak hanya lomba Pocil saja yang dilaksanakan dalam event ini, para pelajar tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA ikut berperan serta dalam lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Menurut Wakapolres, kegiatan ini juga merupakan ekstrakurikuler di luar jam sekolah yang fungsinya membantu pengaturan lalu lintas di sekitar sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.

“Bisa kita lihat saat para PKS ini membantu menyeberangkan siswa/siswi yang akan menuju atau meninggalkan sekolah. Di bidang keamanan, PKS juga berperan sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan negatif yang terjadi di sekolah dan selanjutnya dilaporkan kepada guru sehingga mencegah terjadinya kenakalan remaja,” tambahnya.

Wakapolres berharap, lomba yang diadakan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi untuk para pelajar agar saling mengenal.

Kompol Gali Atmajaya berpesan agar para peserta berlomba secara fair play, sehingga muncul rasa saling menghormati antarpelajar.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono sebagai ketua pelaksana mengatakan kegiatan Pocil ini diikuti oleh 31 tim yang terdiri dari 8 tim Pocil tingkat SD/MI, 12 tim PKS tingkat SMP/MTs dan 11 tim PKS tingkat SMA/SMK/MA.

“Kegiatan lomba Pocil ini merupakan salah satu rangkaian Hari Bhayangkara ke 78, dimana pelaksana lomba yakni Sat Lantas Polres Grobogan. Kami berharap dengan kegiatan lomba Pocil dan PKS ini terbit bibit-bibit baru untuk mengembangkan Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah dengan harapan muncul generasi yang berdampak positif bagi sesamanya,” harap AKP Tejo Suwono.

AKP Tejo Suwono mengatakan, lomba dilaksanakan selama dua hari. Untuk pengumuman pemenang lomba dilaksanakan pada Jumat 21 Juni 2024.

Usai apel, MI Jabalul Khoir sebagai tim Pocil pertama menunjukkan aksinya di depan Wakapolres Grobogan Kompol Gali Atmajaya dan para tamu undangan yang hadir.

Teriakan penyemangat terdengar dari para orang tua yang mengantarkan anak-anak mereka yang menjadi peserta lomba tersebut.*
Tya wiedya