Cristiano Ronaldo memeluk Francisco Conceição, pencetak gol kemenangan Portugal atas Republik Ceko. Foto: dok/uefa/gettyimages

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Matchday 2 Grup A Euro 2024 kembali bergulir. Kali ini Timnas Jerman dan Hungaria akan berjumpa di MHP Arena (Stuttgart Arena), yang akan kick-off Rabu (19/6/2024), pukul 23.00 WIB.

Dua tim ini harus melalui laga pertama mereka dengan hasil yang berbeda. Jerman yang di turnamen kali ini bertindak sebagai tuan rumah, mengalahkan Skotlandia. Sebaliknya, Hungaria kalah dari Swiss dengan skor 1-3.

Dimotori Toni Kroos, yang mengendalikan permainan dari lini tengah, Jerman mengawali langkah dengan kemenangan telak 5-1 atas Skotlandia. Lima gol Jerman dicetak Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz (penalti), Niclas Fullkrug, dan Emre Can.

BACA JUGA: Tak Goyah, PKB Kota Semarang Ngotot Gus Yusuf tetap Calon Gubernur Jateng

Sedangkan Hungaria tampil buruk saat melawan Swiss. Kebobolan dua gol sebelum jeda, Hungaria sempat menipiskan skor melalui gol Barnabas Varga menit 66. Namun Hungaria kembali kebobolan gol ketiga di masa injury time.

Di laga kali ini, Jerman bisa saja mengulangi catatan bagus itu di laga kedua. Hungaria sendiri harus bermain jauh lebih baik, jika ingin membuka peluang lolos ke babak kedua Piala Eropa kali ini. Pertandingan lain di grup ini, akan mempertemukan Swiss kontra Skotlandia.

Sementara itu, pada Matchday 1 Grup F yang digelar Selasa (18/6/2024), Portugal menang atas Republik Ceko dengan skor 2-1. Bermain di Leipzig Stadium, tim asuhan Roberto Martinez itu tertinggal terlebih dulu lewat Lukas Provod menit 62.

BACA JUGA: Iduladha 1445 H, Kejati Jateng Serahkan 47 Ekor Sapi dan Seekor Kambing kepada Panitia Kurban

Portugal berhasil menyamakan kedudukan, lewat gol bunuh diri Robin Hranac, sebelum Francisco Conceicao menjadi penentu kemenangan lewat golnya menit 90+2. Dengan hasil ini, Cristiano Ronaldo dkk ada di posisi kedua di bawah Turki, yang di laga sebelumya menang atas Georgia dengan skor 3-1.

Pemain Portugal, Bruno Fernandes menjadi salah satu pemain yang paling menonjol di laga ini. Pemain yang sering ditempatkan di posisi gelandang serang itu, kali ini menempati posisi gelandang bertahan.

”Kami membuat banyak kesalahan di babak pertama, terutama saya. Saya menyadari hal ini. Para gelandang mengambil lebih banyak risiko,” kata Kapten Manchester United berusia 29 tahun ini.

BACA JUGA: Penyelesaian Konflik Kebebasan Beragama Harus Telaten dan Sabar

Fernandes di laga itu memang tampil gemilang, dengan menciptakan dua peluang, melepaskan dua tendangan, menyelesaikan 88 persen operan, melepaskan delapan umpan silang (terbanyak dibandingkan pemain lainnya), dan memenangkan 100 persen tekel.

Dengan hasil ini, Ronaldo dkk punya nilai absolut tiga. Nilai yang sama dimiliki Turki yang sementara ada di puncak klasemen Grup F, unggul selisih gol.

Riyan