Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada ketua panitia penyembelihan hewan kurban, Deni Kristiawan (19/6/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Iduladha 1445 H, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melaksanakan penyembelihan hewan kurban, Rabu (19/6/2024).

Proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di area parkir belakang Kanwil yang disaksikan oleh Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada ketua panitia penyembelihan hewan kurban, Deni Kristiawan.

Ada sebanyak 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang merupakan partisipasi dari pegawai Kantor Wilayah, Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian dan Bapas Semarang.

Nantinya daging kurban akan didistribusikan untuk masyarakat di sekitar Kantor Wilayah yang membutuhkan. Kakanwil berharap apa yang telah dilakukan jajaran Kemenkumham Jateng ini memberikan manfaat dan meringankan beban sesama manusia.

“Belajar dari kisah dari Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S, yaitu apapun yang kita punya di dunia ternyata adalah milik Allah SWT,” ujar Tejo.

Dikatakan, ASN Kemenkumham Jateng telah berkontribusi dan peduli dalam pelaksanaan Iduladha tahun ini, dan telah memberikan manfaat bagi lingkungan di sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengajak jajarannya untuk tidak mengkhawatirkan permasalahan di dunia, karena hakikatnya manusia akan hidup kekal di akhirat nanti.

“Jangan khawatir atas permasalahan di dunia, yang perlu dikhawatirkan adalah apabila kita hidup di dunia tidak punya bekal di akhirat. Kita semua harus mempersiapkan diri masing-masing untuk kehidupan di akhirat kelak,” katanya.

Sebelum dilakukan penyembelihan, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban oleh dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Semarang.

Ning S