Kajati Jawa Tengah, Ponco Hartanto SH, MH secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban (19/6/2024). Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Iduladha 1445 H, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah melaksanakan penyembelihan hewan kurban di halaman kantor Kejati Jateng, Rabu (19/6/2024).

Pada Iduladha tahun ini, ada 47 ekor sapi dan satu ekor kambing yang diserahkan kepada panitia kurban.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah, Ponco Hartanto SH, MH menyampaikan, sebagai seorang muslim hendaknya selalu taat kepada apa yang telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Dalam Alqur’an surat Al-Kautsar ayat 1 – 3 dikemukakan bahwa, “Sesungguhnya kami telah memberikan nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan Berkurbanlah”.

Ponco mengungkapkan, Islam memasukkan dua nilai penting dalam ibadah kurban ini, yaitu nilai historis berupa kejadian atau peristiwa penggantian kurban Nabi Ibrahim terhadap putranya Ismail dengan seekor domba, dan nilai kemanusiaan berupa pemberian makan dan membantu fakir miskin pada saat hari raya.

“Daging kurban yang dibagi-bagikan tentu banyak manfaatnya. Namun, perlu kita pahami bahwa Allah Subhanahu Wata’ala akan mencatat semua keikhlasan umat yang berkurban, karena itu merupakan wujud nyata seorang hamba yang taat pada-Nya,” tutur Ponco.

“Atas nama Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah saya menyerahkan 48 ekor hewan kurban, yakni 47 ekor sapi dan satu ekor kambing kepada panitia kurban Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah,” ucapnya.

Muhammad Yunus selaku Ketua Panitia Kurban Kejati Jateng mengatakan, dari 48 ekor hewan kurban tersebut telah didistribusikan dalam bentuk hewan kurban sapi dan kambing sebanyak 38 ekor kepada Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Baiturrahman Semarang, Masjid Agung Kauman Semarang, Panti Asuhan Kyai Fatah Semarang, Panti Asuhan Pager Salam Kota Semarang, masjid, musholla dan pondok pesantren di Kota Semarang, Boyolali, Karanganyar dan Kota Surakarta.

Sedangkan 10 ekor sapi disembelih oleh panitia kurban di halaman belakang kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, dan akan didistribusikan dalam bentuk daging kepada pegawai dan masyarakat di lingkungan Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.

“Dari 10 ekor sapi akan dijadikan 1000 paket daging kurban yang akan didistribusikan kepada karyawan, pensiunan serta masyarakat sekitar,” kata Yunus.

Sementara itu dalam pengemasannya, daging dikemas menggunakan besek supaya bersih, rapi dan higienis. Ia menyebut dalam penyembelihan hewan kurban ini melibatkan 20 orang tukang penyembelih hewan (tukang jagal) yang sudah profesional.

Ning S