Upacara Harkitnas yang disatukan dengan peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Tahun 2024, digelar di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan, Jatim. Peringatan tiga hari penting nasional tersebut, juga dimeriahkan dengan sajian hiburan tari-tarian.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Di Kabupaten Pacitan, Jatim, momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116, yang disatukan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Ke-65 dan Hari Otonomi Daerah Ke-28 Tahun 2024.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, dalam kesempatan tersebut, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, berkenan memberikan piagam penghargaan kepada guru yang meraih prestasi. Baik prestasi di tingkat regional, nasional maupun prestasi tingkat internasional.

Penyerahan piagam penghargaan, dilaksanakan bersamaan dengan upacara tiga hari penting nasional tersebut, yang digelar di Halaman Pendapa Kabupaten Pacitan. Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih. Bupati Indrata Nur Bayuaji, tampil menjadi inspektur upacara.

Guru berprestasi yang mendapatkan penghargaan tersebut, antara lain Indra Prastowo, peraih 2 kejuaraan internasional. Yakni sebagai juara 1 di ajang International Innovation and Exhibition Fair, dan International School Award.

Tidak hanya itu, Guru dari SMK Negeri 1 Sudimoro tersebut, juga menyabet 3 kejuaraan tingkat nasional sebagai juara 1. Berikutnya, adalah Guru  Aris Sunarno dari SMK Negeri 3 Pacitan, meraih juara 2 tingkat Provinsi di ajang lomba inovasi Kepala Sekolah (Kasek) SMK GCC BATCH-4. Kemudian Guru Yulifatin dari SMK Negeri 2 Donorojo, peraih penghargaan sebagai guru inspiratif/guru terbaik tingkat nasional.

Dalam amanatnya, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), menyatakan, sampai saat ini Bangsa Indonesia berada pada fase kebangkitan kedua. Yakni melanjutkan semangat kebangkitan pertama, yang dipancangkan para pendiri bangsa.

Kata Bupati, berbeda dengan perjuangan seabad yang lalu, kini beragam tantangan dan peluang baru bermunculan. “Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan dengan keyakinan,” kata Bupati.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Bupati, mengatakan, pemerintah saat ini fokus untuk mendorong kesuksesan program merdeka belajar, yang semakin menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan, untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Sementara itu, peringatan Hari Otonomi Daerah yang Ke-28, mengambil tema “Otonomi daerah berkelanjutan, menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.” Terkait ini, Mas Aji, berharap bisa memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran bersama, akan amanah serta tugas dalam pembangunan berkelanjutan. Yakni dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

“Mari bersama-sama kita laksanakan kebijakan otonomi daerah secara berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dengan menciptakan ekonomi hijau di Kabupaten Pacitan,” tandas Bupati Indrata Nur Bayuaji.
Bambang Pur