Keindahan air terjun atau Curug Lawe Benowo di Ungaran,Kabupaten Semarang. Foto: Rafika

SEMARANG (SUARABARU.ID) –Ini kabar bagi yang suka petualangan. Berwisata menikmati keindahan alam, tetapi dengan perjuangan.

Curug Lawe Benowo, bisa menjadi tantangan bagi yang berjiwa petualang. Sebuah kawasan wisata alam yang memukau, yang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di Kabupaten Semarang.

Berlokasi di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Curug Lawe menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan ketinggian sekitar 30 meter.

Untuk mencapai keindahan alam ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan sejauh 2,5 km dari area parkir menuju Curug Lawe. Curug Lawe buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 untuk masuk, dengan waktu terakhir keluar pukul 16.30.

Harga tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp 8.000 per orang, menjadikan Curug Lawe Benowo sebagai pilihan yang menarik bagi para pecinta alam.

Nama “Lawe” sendiri berasal dari kata “selawe” yang mengacu pada sumber airnya yang berjumlah 25, atau dalam bahasa Jawa, “selawe”.

Menurut Abdul Wahid, juru parkir sekaligus pegawai di Curug Lawe, “Weekend lebih ramai dari hari biasanya, biasanya sampai 300 orang.” seperti yang terlihat pada hari ini Sabtu (2/3/2024).

Namun, perjalanan menuju Curug Lawe tidak selalu mudah bagi semua orang. Sinta, salah satu pengunjung, mengungkapkan kesannya.

“Cape banget ya jalannya, kita butuh akses motor sih supaya jalannya nggak terlalu jauh,” kata Sinta.

Sedangkan Anis menambahkan, buat yang tidak biasa trekking, mending tidak usah ke sini karena.

“Jalannya jauh banget dan menanjak. Kakinya kayak mau copot,” kata Anis.

Komentar mereka menyoroti tantangan yang mungkin dihadapi oleh pengunjung yang kurang terbiasa dengan perjalanan jauh dan medan yang menantang.

Meskipun demikian, kecantikan alam yang ditawarkan oleh Curug Lawe Benowo masih tetap memikat banyak orang untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam yang tiada duanya di Semarang.
Rafika Zahra Aranti