blank
Ketua Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (MAP) Dr. Yari Dwikurnaningsih, M.Pd berfoto bersama. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Deretan program studi yang mendapatkan akreditasi Unggul di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bertambah.

Baru-baru ini, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) resmi menyandang akreditasi Unggul berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional–Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 491/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/II/2024.

Raihan ini tentu menjadi kabar bahagia bagi UKSW dan FKIP. Kerja keras untuk meningkatkan akreditasi yang sebelumnya A selama kurang lebih enam bulan, mulai dari persiapan sampai dengan keluar SK berbuah manis.

Ketua Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (MAP) Dr. Yari Dwikurnaningsih, M.Pd menyatakan, pencapaian ini menunjukkan bahwa Program Studi MAP memiliki mutu yang sangat baik.

“Mutu yang dimaksud adalah pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Dr. Yari, belum lama ini.

Capaian akreditasi Unggul tidak membuat MAP berpuas diri. Ke depan, prodi ini juga menargetkan mendapatkan akreditasi Unggul melalui LAMDIK. Tidak hanya itu, meningkatkan kerja sama internasional dan juga publikasi internasional juga menjadi target lainnya.

“Kami juga berupaya meningkatkan penelitian dengan dana dari luar UKSW,” imbuh Dr. Yari.

Magister Administrasi Pendidikan yang telah memasuki usia 19 tahun ini mempunyai kelebihan dibandingkan program studi sejenis. Selain mempunyai tenaga pengajar atau dosen yang sudah memiliki Jabatan Fungsional Akademik (Jafa) dan Lektor Kepala, program studi ini senantiasa melibatkan dosen dari luar yang memiliki kepakaran yang sesuai.

Dilengkapi dengan fasilitas ruang kelas yang nyaman, kurikulum MAP mengacu pada capaian pembelajaran yang telah dirumuskan bersama melalui Asosiasi Program Studi Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia atau APMAPI dan juga capaian yang dirumuskan oleh program studi.

“Selain itu, di MAP hubungan antara dosen dan mahasiswanya harmonis didukung dengan pelayanan dosen yang maksimal dalam memfasilitasi mahasiswanya menyelesaikan studi. Dengan kelebihan itulah, saat ini kami sudah meluluskan kurang lebih 500 orang yang saat ini tersebar di penjuru tanah air,” pungkasnya.

Ning S