Danrem 074/Warastratama Kolonel (Inf) Ali Akhwan (membungkuk) tengah menandatangani prasasti peresmian Koramil-25 Paranggupito. Ikut mendampingi Dandim Letkol (Inf) Edi Ristriyono dan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kedua dan kesatu dari kanan) serta Wabup Setyo Sukarno (kedua dari kiri).(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rabu hari ini (24/1), menjadi hari bersejarah. Sebab, Kecamatan Paranggupito kini memiliki Koramil. Ini menjadi Koramil yang Ke-25 di Kabupaten Wonogiri. Dengan demikian, lengkaplah sudah di 25 kecamatan yang ada di Wonogiri, kini masing-masing telah memiliki Koramil.

Koramil-25/Paranggupito Kodim 0728 Wonogiri berlokasi di Dusun Blimbing, Desa Ketos, Kecamatan Paranggupito (sekitar 70 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri). Peresmian Koramil-25 Paranggupito, Rabu (24/1), dilakukan oleh Danrem 074/Warastratama Kolonel (Inf) Ali Akhwan.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, Koramil baru Paranggupito sebelumnya hanya berstatus sebagai Pos Rayon Militer (Posramil), dan menjadi bagian dari wilayah Koramil-09/Giritontro.

Upacara peresmian Koramil-25 Paranggupito ditandai dengan pemotongan untai bungai Melati dan penandatanganan prasasti oleh Danrem. Ikut hadir, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono, Bupati Wonogiri yang diwakili Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno, Para Kasi Korem 074/Warastratama, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Kajari Wonogiri Porman Patuan Radot beserta jajaran Forkompimcam Paranggupito.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Muspika dan seluruh masyarakat Paranggupito. Utamanya terhadap dukungan dan partisipasinya dalam membangun Koramil baru di Kecamatan Paranggupito. Karena Koramil ini, berdiri di atas lahan Kas Desa dan dibangun atas swadaya masyarakat.

Hubungan

Kolonel Inf Ali Akhwan menambahkan, hal tersebut sebagai pertanda bahwa selama ini hubungan TNI dengan komponen masyarakat terjalin baik. Untuk itu, Danrem meminta agar sinergitas dan kerja sama yang sangat bagus selama ini, perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Danrem juga menekankan kepada personil Koramil-25/Paranggupito agar selalu membina hubungan baik, membina komunikasi dan rasa kebersamaan dengan segenap warga masyarakat sekitarnya. Jangan sampai ada anggota Koramil, yang menampilkan perilaku atau perbuatan yang dapat melukai dan menyakiti hati rakyat. ”Jaga citra TNI dimana pun saudara bertugas,” tegas Danrem.

Sementara itu, Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono, menyatakan, Koramil-25/Paranggupito yang diresmikan ini merupakan Koramil bertipe-B di jajaran Kodim 0728/Wonogiri. Secara administratif, tambah Dandim, Koramil-25/Paranggupito menjadi bagian dari Pemerintah Kecamatan Paranggupito.

Kehadiran Koramil baru ini, diharapkan dapat makin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mampu mendukung pembangunan di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.
Bambang Pur