Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat melakukan perjalanan di musim hujan, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan tahan air dan juga cepat kering. Jaket, celana, atau pakaian luar lainnya yang terbuat dari bahan seperti poliester berteknologi tinggi bisa melindungi kamu dari hujan. Sehingga kamu akan tetap kering bahkan saat terkena air.

Selain payung, jas hujan juga perlu dipersiapkan saat musim hujan tiba. Jas hujan adalah peralatan penting yang wajib disiapkan para pengendara motor saat musim hujan.

Musim hujan sering kali membawa tantangan dalam memilih alas kaki yang cocok. Di satu sisi, kamu ingin melindungi kaki dari air dan kelembapan, tetapi di sisi lainnya kamu juga ingin tetap tampil modis dan nyaman.

Baca Juga: Empat Tips Aman Berkendara Menggunakan Sepeda Montor Ketika Musim Hujan

Dalam artikel ini, penulis akan membahas beberapa jenis sepatu yang cocok dipakai untuk musim hujan. Dilansir dari Suara.com, dengan memilih sepatu yang tepat, kamu dapat menjaga kaki agar tetap kering dan tetap bergaya saat berhadapan dengan cuaca yang lembab.

1. Sepatu Boots Tahan Air

Sepatu boots adalah pilihan yang sangat populer untuk musim hujan. Pilihlah sepatu boots yang terbuat dari bahan tahan air, seperti kulit sintetis atau karet.

Pastikan juga sepatu memiliki sol yang tahan air dan tahan licin untuk mencegah tergelincir di permukaan yang basah. Sepatu boots tahan air tidak hanya memberikan perlindungan yang baik dari air hujan, tetapi juga memberikan gaya yang keren dan kasual.

Baca Juga: Sedia Payung! Ini Lima Tanda Sebelum Turun Hujan

2. Sepatu Sneakers dengan Teknologi Waterproof

Jika kamu lebih suka gaya yang santai dan sporty, namun tetap ingin melindungi kaki dari kelembapan, maka pilihlah sepatu sneakers dengan teknologi waterproof.

Beberapa merek terkenal telah mengembangkan sepatu sneakers dengan lapisan tahan air yang dapat menjaga kaki supaya tetap kering saat berjalan di bawah hujan.

Sepatu-sepatu ini sering kali dilengkapi dengan material khusus dan juga teknologi yang memungkinkan kaki kamu tetap nyaman dan terlindungi.

3. Sepatu Karet atau PVC

Sepatu karet atau PVC adalah pilihan yang praktis dan juga fungsional untuk musim hujan. Sepatu-sepatu ini terbuat dari bahan yang tahan air dan juga mudah untuk dibersihkan setelah terkena air hujan ataupun lumpur.

Baca Juga: Perlu Tahu! Ini Lima yang Barang Wajib Dibawa Saat Musim Hujan Tiba

Mereka sering kali memiliki desain yang simpel dan juga ringkas, dengan sol yang tahan licin. Sepatu karet atau PVC sangat cocok digunakan saat kondisi cuaca sangat basah serta ketika kamu sedang beraktivitas di area yang berlumpur.

4. Sepatu Hiking dengan Lapisan Waterproof

Jika kamu sering kali melakukan kegiatan luar ruangan seperti hiking ataupun trekking, maka memilih sepatu hiking dengan lapisan waterproof adalah pilihan yang bijaksana.

Sepatu hiking ini dirancang untuk melindungi kaki kamu dari air dan kelembapan yang mungkin akan dihadapi selama petualangan di musim hujan.

Sepatu jenis ini sering dilengkapi dengan sol yang tahan gesekan, bahan yang tahan air, dan sistem penguncian yang kokoh untuk memberikan stabilitas dan juga perlindungan ekstra.

Baca Juga: Perlu Tahu! Ini Lima yang Barang Wajib Dibawa Saat Musim Hujan Tiba

5. Sepatu Loafers Tahan Air

Jika kamu ingin tampil lebih formal namun tetap melindungi kaki dari hujan, maka sepatu loafers tahan air adalah pilihan yang tepat. Pilihlah sepatu loafers yang terbuat dari bahan tahan air seperti kulit yang telah dirawat khusus untuk menghindari penetrasi air.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi sepatu yang cocok dipakai saat musim hujan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Claudia