Personel TNI dari Koramil-24 Karangtengah Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi instruktur memberikan pembekalan bela negara kepada para siswa SMP Negeri-2 Karangtengah, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel prajurit TNI dari Koramil-23 Karangtengah Kodim 0728 Wonogiri, memberikan pembekalan tentang bela negara kepada para siswa. Pembekalan berlangsung di SMP Negeri-2 Karangtengah.

Pjs Danramil-23/Karangtengah Letda (Inf) Agung melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, bela negara merupakan tindakan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran kepada setiap warga negara, yang memiliki hak dan kewajiban dalam membela bangsa dan negaranya.

Pembekalan kepada para siswa, dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan kebangsaan (Wasbang). Hal ini penting dilakukan kepada anak-anak sejak usia dini di sekolah, guna menumbuhkan jiwa patriot dan meningkatkan semangat nasionalisme kepada NKRI.

Selain memberikan pembekalan Wasbang, kepada 150 siswa yang mengikuti kegiatan ini, juga diberikan pelatihan dan parktik Peraturan Baris-Berbaris (PBB) serta Out Door Game. Tujuannya, untuk membentuk kerja sama tim dan persatuan sesama peserta.

Letda (Inf) Agung, menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter para siswa dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme. Hal ini penting diberikan kepada mereka, karena ke depan mereka inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Mereka harus paham tentang bela negara dan perlu ditanamkan tentang Wasbang, dalam upaya menumbuhkan cinta kepada Tanah Air. ”Kita bantu pihak sekolah untuk menyiapkan generasi muda yang berkarakter, agar memiliki motivasi dalam menyongsong masa depan, serta menjauhkan generasi muda dari hal-hal negatif,” tegas Pjs Danramil-24 Karangtengah Letda (Inf) Agung.
Bambang Pur