blank
Penutupan FTBI Provinsi Jawa Tengah 2023. Foto: Dok/BBPJT

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kontingen dari Kabupaten Jepara berhasil mengoleksi kemenangan terbanyak pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Provinsi Jawa Tengah 2023 yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Festival tahunan dalam rangka revitalisasi bahasa daerah tersebut digelar di Hotel Patra Semarang pada Jumat-Minggu (24-26 November 2023). Dalam gelaran FTBI 2023 ini, Kabupaten Jepara dinobatkan sebagai juara umum.

Dalam penutupan FTBI Provinsi Jawa Tengah tersebut ditutup oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin.

Syarifuddin mengatakan, FTBI 2023 ini merupakan puncak rangkaian program revitalisasi bahasa daerah. Revitalisasi bahasa daerah di Jawa Tengah, yakni bahasa Jawa sangat penting. Alasannya, bahasa Jawa mengalami gejala kepunahan karena mulai tidak digunakan lagi oleh masyarakat tuturnya.

“Kemendikbudristek mendorong pemerintah daerah agar mengambil peran dan tanggung jawab dalam pelindungan, pelestarian, serta pengembangan bahasa dan sastra daerah,” ujar Syarifuddin, Minggu (26/11/2023).

Syarifuddin menjelaskan, diperlukan kehadiran pemerintah bersama pemerintah daerah dan masyarakat, serta komunitas bahasa dan sastra guna melestarikan bahasa daerah.
“Kegiatan revitalisasi bahasa daerah direncanakan dilaksanakan lagi tahun depan,” katanya.