blank
Penutupan FTBI Provinsi Jawa Tengah 2023. Foto: Dok/BBPJT

Syarifuddin menyatakan bahwa anak-anak SD dan SMP yang ikut berlomba dalam festival tersebut merupakan pilihan dari daerahnya masing-masing. Ia juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi, kerja sama, dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Jawa Tengah yang telah mensukseskan kegiatan revitalisasi bahasa Jawa tersebut.

“Kami berharap, kerja sama dan gotong royong antarpemangku kepentingan dapat terus berjalan dengan baik. agar tujuan revitalisasi bahasa daerah ini dapat terwujud. Kami sangat terkesan dengan dukungan anak-anak SD dan SMP, pihak sekolah, orang tua, dan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga di Jawa Tengah yang sangat antusias mengikuti FTBI ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua FTBI 2023, Naratungga Indit Prahasita menerangkan, FTBI tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023 ini dilaksanakan dalam rangka revitalisasi bahasa Jawa. Festival ini diikuti oleh utusan atau tunas-tunas muda yang menjadi juara I dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Terdapat empat mata lomba yang dilaksanakan. Tiap mata lomba terdiri atas dua kategori, yaitu putra dan putri. Peserta lomba ini adalah anak-anak hasil seleksi di daerahnya masing-masing,” terang Indit.

Pemenang FTBI tahun ini mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan total Rp276,5 juta. “Dalam FTBI kali ini juga ada lomba yel-yel berbahasa Jawa. Setiap kontingen maju dari masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah menampilkan yel yang meriah,“ terangnya.

Berikut daftar pemenang Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023

Lomba Menulis Cerkak bagi Siswa SMP Kategori Putra

Pemenang I Christian Alexmenzeis dari Kabupaten Purbalingga, SMP Negeri 1 Purbalingga
Pemenang II Yedida Andika Hendriawan dari Kabupaten Semarang, SMP Negeri 1 Banyubiru
Pemenang III Samuel Gary Ozara dari Kabupaten Wonogiri, SMP Negeri 1 Wonogiri

Lomba Menulis Cerkak bagi Siswa SMP Kategori Putri

Pemenang I Raissa Raudhia dari Kabupaten Temanggung, SMP Negeri 6 Temanggung
Pemenang II Nashwa Salsabila dari Kota Semarang, SMP Negeri 6 Semarang
Pemenang III Veni Anindya dari Kabupaten Banyumas, SMP Negeri 1 Kedungbanteng