Orang tua siswa yang menjadi anggota TNI AD mengajar di SD Kanisius Tlogosari Kuln. Foto: Dok SD Kaninius Tlogosari Kulon.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sekolah Dasar (SD) Kanisius Tlogosari Kulon mengundang rang tua siswa untuk mengajar, menjadi narasumber dalam Kelas Inspirasi, Jumat, 29 September 2023 mulai pukul 07.30-09.00.

Kepala SD Kanisius Tlogosari Kulon Ika Wardhani mengatakan, kehadiran rang tua siswa untuk mengajar di kelas inspirasi ini dimaksudkan untuk menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan.

“Juga dapat membuka wawasan kepada peserta didik untuk mengenal lebih dalam profesi seseorang dan meneladan semangat juang orang tuanya,” kata Ika Wardani.

Orang tua dari berbagai profesi mengajar siswa SDK kanisius Tlogosari Kulon. Foto: Dok SD Kanisius

Para siswa pun dengan semangat menyampaikan kepada temannya, mengenai program ini. “Besok jangan enggak masuk sekolah ya, teman-teman. Karena mamahku akan ngajar di kelas kita,” ujar seorang siswa yang orang tuanya berkenan menjadi narasumber dalam Kelas Inspirasi Kanisius.

Ketika para orang tua yang menjadi narasumber datang, anak-anak pun menyambut, menggandeng, dan membawakan barang bawaannya. Peserta didik menjemput narasumber menuju kelas masing-masing.

Para narasumber mengaku, ini adalah pengtalaman pertama mereka mengajar untuk anak SD. Mereka mengaku, ini menjadi pengalaman yang luar biasa, terlebih ketika para siswa tampak  antusias mengikuti Kelas Inspirasi ini.

“SD Kanisius memiliki program rutin Kelas Inspirasi Kanisius yang menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang pekerjaan. Pada kesempatan kali ini, menghadirkan orangtua peserta didik yang dengan kerelaan hatinya berbagi pengalaman hidup,” kata Ika Wardani.

Mereka yang hadir sebagai narasumber dari berbagai profesi. “Ada yang bekerja sebagai ibu rumah tangga, penjahit, perawat,  perawat gigi, apoteker, karyawan swasta, karyawan bank, guru,  dosen, pendeta, TNI-AD, dan entry data,” kata Ika.

Dipilihnya para orang tua, menurut dia, karena mereka adalah sosok terdekat anak yang dapat memotivasi mereka menjadi lebih semangat, memiliki daya juang dan siap menjadi pemimpin masa depan.

Christiana Nursanti, yang bekerja di bidang finansial, mengingatkan pentingnya mempersiapkan masa depan dengan bijak mengelola keuangan. “Anak-anak mulai sekarang harus gemar menabung untuk masa depan,” ujar ibunda siswa kelas 6 C bernama Maxi

Kemudian juga Ricardus Anggi Pramunendar, yang ahli di bidang teknlogi informatika (TI).