Citra Dwi Kurniawan kenalkan olahraga panahan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Carilah ilmu sampai ke negeri China, pepatah kuno yang mengartikan bahwa untuk meraih keberhasilan diperlukan sebuah proses yang panjang  dan tak kenal putus asa. Seperti halnya Perpustakaan R.A Kartini yang tiada henti-hentinya membuat program baru.

Salah satu kiatnya adalah dengan mendatangkan banyak tokoh publik untuk memompa semangat serta  kesadaran generasi muda akan pentingnya membaca buku dan  menulis .

Para tokoh memberikan motivasi pada anak-anak

Minggu , 24 September 2023  Perpustakaan R.A Kartini  berkolaborasi dengan Dapur Seni Studio membuat program pengenalan olahraga panahan yang diikuti 25 anak – anak setingkat SD dari berbagai wilayah.  Kali ini  mendatangkan juga Padmono Wisnugroho, SH anggota Komisi A DPRD Jepara sebagai narasumber .

Dalam paparannya ia menekankan  membaca buku sangatlah penting sekali dan  akan sangat bermanfaat suatu hari kelak. Ia  bercerita ketika masih duduk di bangku sekolah dasar sering membaca buku di perpustakaan sekolah. Sedangkan mengenai tindak lanjut olahraga panahan yang digagas perpustakaan R.A Kartini  serta  Dapur Seni Studio , disarankan untuk membentuk klub panahan agar bisa mengakses bantuan dari pemerintah.

Mengenalkan olahraga panahan pada anak-anak

Turut hadir Ketua TBM  Capung  Siti Nuranisah menceritakan perjalanannya mengelola sebuah perpustakaan di Desa Mambak Pakis Aji serta  mengusulkan keberadaan TBM – TBM yang tergabung dalam FTBM Jepara untuk dibantu untuk pengadaan buku anak dan pelatihan  kewirausahaan.

Sedangkan H. Sholikul pengusaha meubel pemilik TBM Ben Pinter dari Desa Banjaran Bangsri mengisahkan bahwa sebuah perpustakaan pun bisa  dijadikan tempat wisata literasi , seperti TBM Ben Pinter yang sering dikunjungi  anak –anak sekolah setingkat SD , MI maupun TK setiap bulannya. “Terlebih ketika musim liburan  , bisa dipastikan akan ramai pengunjungnya,” ujar H. Sholikul

Setelah selesai acara diskusi bersama , anggota dewan , pegiat literasi Jepara,  mahasiswa Unisnu Jepara  dan  anak – anak ikut mencoba olaharaga panahan yang dipandu Citra Dwi Kurniawan sebagai pelatih.

Semoga olahraga panahan melalui peran perpustakaan R.A Kartini  dan Dapur Seni Studio  bisa berkembang serta melahirkan atlet – atlet berbakat di Desa Ketilengsingolelo dan sekitarnya.

Hadepe – Mstf