blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH memberikan sambutan dalam pembukaan Intensive Career Preparation (ICP) dengan tema ''Public Speaking dan Tekchnopreneur Digital Banking'' di Aula Prof Ir Joetata Hadihardadja, Gedung V, Lt 6 pada 6 September 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– USM Career and Alumni Center (UCAC) bekerja sama dengan Bank Mandiri menyelenggarakan Intensive Career Preparation (ICP) dengan tema ”Public Speaking dan Tekchnopreneur Digital Banking” di Aula Prof Ir Joetata Hadihardadja, Gedung V, Lt 6 pada 6 September 2023.

Kegiatan yang Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH itu diikuti 109 peserta. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Vice President Bank Mandiri Region VII Jawa Tengah-DIY yaitu Wicaksono Hario Putro dan Asisten Vice President Bank Mandiri Region VII Jawa Tengah-DIY yaitu Debian Pandjadinata.

Junaidi mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting bagi mahasiswa, karena menambah sofskill mahasiswa.

”Saya berharap, para mahasiswa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, karena kegiatan ini dapat menambah softskill, khususnya public speaking, sehingga kelak sudah siap jika memasuki dunia kerja atau menjadi entrepreneur,” kata Junaidi.

Hal senada dikatakan Ketua UCAC USM, Iryan Dwi Handayani SPd MPd. Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan softskill mahasiswa USM.

”Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan softskill mahasiswa dalam bisnis start up. Selain itu juga mengembangkan softskill di bidang digital serta public speaking,” kata Handayani.

Sementara itu, dalam paparannya, Wicaksono mengatakan, menjadi pebisnis harus mengetahui pasar yang akan dijadikan bisnis dan memiliki komunikasi yang baik.

Selain itu juga monetisasi yaitu mampu mengubah sesuatu menjadi uang atau penghasilan, memiliki problem solving yang baik, serta mampu mengidentifikasi masalah.

”Agar maju usahanya, seorang pebisnis harus belajar dunia digital, karena masyarakat Indonesia saat adalah internet user, smartphone user, dan sosial media user. Contohnya di kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia banyak menggunakan banyak e commerce antara lain Go Food, Shoppee, Lazada, Buka Lapak, dan Tokopedia,” ungkapnya.

Selain e-commerce, katanya, sistem transaksi juga sudah menggunakan online, di antaranya Mobile Banking dari Bank Mandiri dan jenius. Masyarakat juga menggunakan sosial media untuk berkomunikasi baik menggunakan Whatsapp, Twitter, Facebook, Instagram.

Muhaimin