blank
Mak Ganjar gandeng komunitas pelaku UMKM menggelar pelatihan membuat manisan carica. Foto: Dok/Tim

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Sukarelawan Mak Ganjar mendorong ibu-ibu di beberapa daerah di Indonesia untuk menopang ekonomi keluarga, dengan menggelar pelatihan dan program bermanfaat.

Kali ini, pendukung Ganjar Pranowo itu berkolaborasi dengan komunitas perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengadakan pelatihan pembuatan manisan carica bagi 50 warga di Jalan Sindoro No. 2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (25/8/2023).

“Kami Mak Ganjar Jateng melakukan kolaborasi dengan pengusaha setempat di Kabupaten Wonosobo untuk melakukan pelatihan membuat manisan carica,” ujar Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Jateng, Pancawati dalam keterangan tertulisnya.

Pancawati mengatakan, para peserta diajari cara membuat manisan carica hingga pembuatan packaging dan pemasarannya.

Menurutnya, Mak Ganjar melihat potensi sumber daya alam Kabupaten Wonosobo, khususnya kawasan Dieng, yang menghasilkan buah carica untuk dijadikan produk manisan.

“Kami memilih pelatihan pembuatan carica karena buah ini hanya ada dan bisa tumbuh di Kabupaten Wonosobo, khususnya di daerah Dieng,” katanya.

Pancawati menjelaskan, pelatihan pembuatan manisan carica dilakukan untuk memberdayakan ibu-ibu di wilayah tersebut.