blank
Sowangan milik Agus yang berhasil menjadi pemenang

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam Lomba Layangan Tradisional Sowangan yang dikemas dalam acara Menerbangkan Layangan Bareng (Mabar) yang berlangsung hari Minggu (21/-8-2023) di area persawahan belakang Caffe Banyubiru Pantai Empu Rancak Jepara, terpilih 3 pemenang.

Dewan Juri lomba tersebut akhirnya menetapkan tiga pemenang yaitu juara 1 Hadi dari Desa Kawak, juara 2 Ali dari Mlonggo dan juara 3 Kasdi dari desa Sekuro.Sedang juara favorit adalam sowangan milik Irfan dari Jambu Barat.

Penilaian tersebut berdasarkan sejumlah kriteria yaitu kerapihan, terbang stabil, suara bentang sendaren, komposisi warna. Bahan layangan dari kertas atau plastik, rangka bambu ukuran minimal 1 meter, dan maximal tidak terbatas. Disamping itu sowangan harus mampu terbang minimal 5 menit.

blank

Layangan Tradisional Sowangan milik Agus berhasil menjuarai lomba ini karena pemotongan bahan pakai soldir, tali goci pas di tengah, komposisi warna pas diterbangkan di langit kelihatan indah, diterbangkan sekali langsung naik dan stabil diatas. Disamping itu suara sendaren juga bagus

Menurut Ketua Pelangi Jepara, layang-layang adalah media rekreasi olahraga dan seni. Disamping untuk kegiatan sosial juga untuk komersial. “Banyak pembuat layang-layang di Jepara yang laris karena banyak pesanan layangan dari daerah lain. “Disamping itu juga untuk mendukung kelestarian layang-layang tadisional,” ujar Arif

Festival Layang-Layang Prabangkara ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (PELANGI) Jepara pada tanggal 18-20 Agustus 2023 ini. Setidaknya ada tiga agenda acara yaitu pembukaan di Lapangan Kembang, Kite Show di di Sekuro Vaillage Beach Resort, Sukuro Mlonggo serta Mabar yang diisi dengan Lomba Sowangan di Empu Rancak.

Hadepe