Sejumlah atlet dan pengurus KONI Kabupaten Magelang berfoto bersama, kemarin. Foto: ist

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Kabupaten Magelang berada di peringkat 18 dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XVI/2023 di Pati Raya, yang berlangsung 5-11 Agustus 2023. Dengan perolehan medali emas 13, perak 20, dan perunggu 25 buah.

Peringkat pertama diraih Kota Semarang dengan memperoleh 186 emas, 138 perak, 137 perunggu. Posisi kedua Kabupaten Grobogan dengan perolehan 100 emas, 80 perak dan 77 perunggu. Sedangkan posisi ketiga Kota Surakarta dengan 78 emas, 72 perak, 98 perunggu.

Ketua KONI Kabupaten Magelang, Kardjanto Wignjowidodo, hari ini Sabtu (12/8/23) berterima kasih kepada Pemda Kabupaten Magelang, atas pemberian dana hibah KONI untuk pembinaan olahraga di Kabupaten Magelang. Pria dengan nama panggilan Pak Eko itu juga memberikan ucapan terima kasih yang tulus kepada seluruh atlet, pelatih, pengurus cabang olahraga (cabor), serta pengurus KONI Kabupaten Magelang atas semangat juang yang tinggi guna meningkatkan prestasi atau peringkat di ajang Porprov 2023 di Pati Raya.

“Secara pribadi saya mohon maaf kepada masyarakat Kabupaten Magelang, karena kami belum dapat memenuhi target yang diharapkan,” katanya, hari ini.

Sementara itu Wakil Ketua KONI, H Suwarsa, menambahkan,
Kabupaten Magelang memperoleh 13 emas, 20 perak dan 25 perunggu. Sebanyak 13 medali emas disumbangkan oleh cabang olahraga Tinju, Atletik, Menembak, Arung Jeram, Gatball, Muaythai dan Kick Boxing.

Enam buah cabang olahraga penyumbang emas pada Porprov 2023 itu merupakan cabor unggulan Kabupaten Magelang yang telah diprediksi akan memperoleh medali emas.

Atlet gulat putri kelas 68 kg Kabupaten Magelang, Yolanda Ayu Pusphita, yang memperoleh perunggu. Foto: eko

Dipaparkan, satu cabor yang mengejutkan dan di luar perkiraan dapat menyumbangkan medali emas adalah Cabor Menembak.
Dianggap di luar perkiraan, karena pesaingnya sangat kompetitif dan Kabupaten Magelang hanya mengirimkan satu atlet (Risdiyanto) di kelas “Benchrest wrabf”. Ternyata dapat memperoleh emas.

“Ini sangat luar biasa dan surpries pada Porprov 2023,” katanya.

Maka, lanjutnya, dengan 13 medali emas, Kabupaten Magelang menempati klasemen atau peringakat 18 dari 35 kabupaten/kota se- Jawa Tengah. Posisi itu masih sama dengan klasemen pada Porprov Jateng tahun 2018, meskipun perolehan emasnya naik satu, dari 12 menjadi 13 medali emas.

Selebihnya dikatakan, target Kabupaten Magelang sebenarnya ingin menaikan peringkat/klasemen dari 18 menjadi 15. Dengan target medali emas sebanyak 15 buah.

“Dengan perolehan medali kali ini kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bupati Magelang, ketua dan anggota DPRD, jajaran Pemkab Magelang, termasuk orang tua atlet dan stakeholder olahraga yang telah memberikan suport, sehingga KONI Kabupaten Magelang dapat berpartisipasi mengikuti Porprov Jateng tahun 2023,” paparnya.

Wakil Ketua KONI bidang Anggaran itu juga berterima kasih kepada atlet, pelatih dan official cabor peserta Porprov XVI Jateng tahun 2023 yang telah secara bersungguh-sungguh berlatih, berjuang sekuat tenaga, sesuai kemampuan daya dukung dalam mewujudkan prestasi olahraga Kabupaten Magelang pada Porprov 2023 ini.

Dia juga menjelaskan bahwa event Porprov merupakan tujuan antara. Karena atlet-atlet terbaik di Jawa Tengah akan diseleksi oleh pengurus provinsi masing-masing cabor, untuk mewakili Jawa Tengah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXII di Aceh – Sumut tahun 2024.

“Harapan kami atlet terbaik Kabupaten Magelang terpilih menjadi calon atlet PON XXII untuk mewakili Jateng. Bagi atlet yang belum memperoleh medali pada Porprov kali ini, masih ada waktu yang cukup untuk berlatih dan meningkatkan jam terbang latihan dan tanding karena Porprov ke XVII akan dilaksanakan tahun 2026 mendatang di Semarang.

Eko Priyono