Beragam kostum termasuk atribut karnival, ditampilkan oleh masyarakat Desa Ploso, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jatim, saat mengikuti pawai budaya.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Warga Desa Ploso, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jatim, beramai-ramai mengenakan beragam kostum budaya. Ini mereka lakukan, saat mengikuti gelar pawai budaya Festival Agustus Bulan Merdeka Tahun 2023.

Event yang digelar dalam ikut serta memeriahkan peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI tersebut, menjadi bagian tak terpisahkan dari gelaran festival budaya yang digelar selama 3 hari. Selama penyelenggaraan festival, disajikan pawai budaya, panggung kesenian, sedekah bumi, pengajian dan doa bersama serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, hadir dalam gelaran pawai budaya yang menjadi rangkaian festival. Seluruh warga Desa Ploso tumpah ruah, menyemarakkan pawai budaya dengan mengenakan berbagai kostum budaya Indonesia.

”Acara ini luar biasa. menjadi acara dari dan untuk masyarakat Ploso,” tandas Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan). Diharapkan, Festival Budaya ini bisa berjalan berkelanjutan, agar Desa Ploso dengan segala potensinya akan lebih dikenal publik.

Gelaran festival tersebut tidak hanya dinikmati masyarakat Desa Ploso, namun juga dapat menarik masyarakat luas. Dalam kesempatan tersebut, Mas Aji memberi kejutan dengan menyiapkan hadiah khusus bagi peserta pawai budaya terheboh.
Bambang Pur