blank
Ganjar (kedua dari kanan), saat memberikan keterangannya, terkait penyelenggaraan Tour de Borobudur XXIII/2023, pada 5-6 Agustus mendatang. Foto: hms

UNGARAN (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memastikan para pesepeda akan disuguhi rute baru dengan pemandangan yang indah, di ajang Tour de Borobudur yang ke-23, pada 5-6 Agustus mendatang.

”Yang unik dari Tour de Borobudur ini, rutenya selalu baru. Sehingga teman-teman yang suka olahraga, diberikan spot indah agar bisa menikmati pariwisata yang ada di tempat kita,” ujar Ganjar, dalam jumpa pers Tour de Borobudur XXIII, di Desa Wisata Lerep, Ungaran, Jumat (14/7/2023).

Gubernur Jateng dua periode itu, memang memberi support kepada penyelenggaraan Tour de Borobudur, setidaknya delapan tahun terakhir ini. Bahkan dia juga menjadi salah satu peserta, tiap kali event ini diselenggarakan.

BACA JUGA: Wali Kota, Camat dan Kades dari Pariaman, Geruduk Kantor Pemprov Jateng

”Saya sampaikan terima kasih kepada panitia, yang sudah 23 tahun Tour de Borobudur berjalan. Sekitar delapan tahun terakhir, saya mencoba support. Waktu itu tidak hanya soal penyelenggaraan event, tapi kita membawa misi sport tourism,” tuturnya.

Ternyata semangat itu mampu menumbuhkan event-event serupa, di daerah-daerah lain. Mulai dari sepeda hingga lari.

”Ternyata sport tourism mulai ramai, dan kemudian banyak daerah-daerah lain punya kegiatan berupa sepeda, lari dan macam-macam. Sehingga orang akan bisa melihat, dimanjakan dengan pemandangan yang indah,” terangnya.

BACA JUGA: Komisi VI DPR RI Dukung Penuh Upaya PLN Jalankan Transisi Energi

blank
Usai acara jumpa pers, Ganjar melakukan dialog dengan peserta dan panitia. Foto: hms

Tour de Borobudur sendiri merupakan salah satu acara bersepeda yang selalu dinanti para penggemar sepeda. Mengusung tema ‘Unity in Diversity’, tahun ini acara puncak akan berlangsung selama dua hari, pada 5-6 Agustus.

Hari pertama Tour de Borobudur XXIII 2023, akan menghadirkan rute yang menantang, dimulai dari Solo dan melalui Plupuh, Sragen, Waduk Botok, Kebun Teh Kemuning, serta tanjakan ekstrem di Candi Cetho.

Setelah itu, para peserta akan melanjutkan perjalanan melalui Karangpandan dan Karanganyar, sebelum akhirnya finish di Taman Pracima Tuin, di Pura Mangkunegaran.

BACA JUGA: Serius Garap Transisi Energi, PLN dan Kementerian ESDM Teken Kerjasama Tingkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia

Total jarak yang akan ditempuh peserta pada hari pertama sejauh 113,7 km. Rute yang menantang ini, akan menguji keterampilan dan ketahanan peserta, serta menyuguhkan pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan.

Hari kedua Tour de Borobudur XXIII 2023, akan menjadi hari yang menyenangkan dengan rute favorit para pecinta sepeda balap. Rute ini akan melewati beberapa destinasi wisata yang indah, dalam perjalanan sejauh 103 km.

Para peserta akan memulai perjalanan dari Solo, melintasi Klaten dan Sleman, sebelum akhirnya berakhir di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Bagi yang ingin mengikuti Tour de Borobudur XXIII 2023, dapat langsung mendaftarkan diri di tdb.sambabikes.com. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @tourdeborobudur.

Riyan