JEPARA (SUARABARU.ID) – Menjelang hari raya kurban Pimpinan Daerah Muhammadiyah ( PDM) Jepara mengadakan pelatihan juru sembelih halal yang disingkat ” JULEHA”.

” Tujuan diadakan pelatihan ini agar peserta menjadi ahli secara syariat dan benar secara teknis. Dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan teori dan praktik” , terang Sekretaris PDM Jepara H. Hanbali Jumat malam (23/6/2023)

H. Hambali menunturkan bahwa pelatihan ini baru pertama kali. Baru pertama kali. ” Pelaksanaan pelatihan ” JULEHA’ besok Minggu 25 Juni 2023 di Aula PDM Jepara jam 08.00 WIB sampai selesai,” ujarnya

Tujuan pelatihan ini untuk membekali para takmir musala dan masjid-masjid Muhammadiyah tahu tata cara penyembelihan yang baik, tidak menyakiti hewan yang disembelih dan mendapatkan daging yang insyaallah halal, imbuh H.Hanbali.

Dengan pelatihan ini PDM Jepara berharap semua takmir musala dan masjid dapat mengirim utusan/delegasi, sehingga saat menyembelih hewan benar- benar tidak menyakiti hewan karena dengan tata cara yang benar, sesuai dgn ajaran Islam.

” Dari pelatihan ini agar diterapkan tidak hanya saat kurban saja tetapi juga saat menyembelih hewan sehari – hari baik binatang kecil seperti ayam, itik bebek maupun binatang yang besar seperti kambing, kerbau ataupun lembu”, lanjut H. Hambali.

Hadepe – Sulton