blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan SK kepada Dwi Suliyanto sebagai Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jumat 9/6.(Foto:SB/Kominfo Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Jumat (9/6) kembali melantik pejabat tinggi pratama untuk jabatan kepala dinas. Pelantikan berlangsung di kawasan objek wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.

Dua pejabat eselon II yang dilantik, Dwi Suliyanto sebagai Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Udi Cahyono sebagai Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Pelantikan dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih serta Sekda Ahmad Ujang Sugiono dan sejumlah pejabat Pemkab Kebumen.

Bupati mengungkapkan alasan pelantikan pejabat eselon II dilaksanakan di Pantai Menganti. Menurutnya, agar kepala dinas yang dilantik dan pejabat yang diundang bisa memahami betul potensi yang ada di Kabupaten Kebumen.

“Kenapa pejabat eselon II dilantik di obyek wisata, ini agar bisa membomingkan tempat wisata, bisa melihat langsung kondisinya, dan juga bisa melakukan langkah-langkah strategis untuk memajukan wisata di Kebumen,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono bersama dua pejabat yang dilantik di {Pantai Menganti Ayah.(Foto:SB/Kominfo Kebumen)

Sebetulnya pelantikan pejabat di objek wisata bukan kali ini saja. Sebelumnya Bupati Arif Sugiyanto pernah melantik jajaran pejabat eselon II di Pitris Ocean View yang masih masuk kawasan obyek wisata Pantai Menganti. Bupati mengatakan, pelantikan pejabat tingkat eselon II nantinya bakal diadakan di tempat-tempat wisata lain.

“Biar untuk promosi tempat wisata, Kebumen ini harus diarahkan menjadi kota wisata. Di sini tidak ada tambang emas, tembaga, dan juga nikel. Tapi yang ada adalah potensi wisata. Inilah yang harus kita kembangkan,”jelas dia.

Tak lupa, Bupati menyampaikan selamat kepada pejabat yang dilantik, ia yakin keduanya sudah bisa langsung bekerja tanpa harus menunggu berlama-lama. “Saya yakin hari ini juga pak Udi dan Pak Dwi sudah bisa langsung bekerja, karena punya pengalaman dan kinerja yang cukup baik,”ucap mantan anggota Polri itu.

Menurut Bupati, masih ada tiga jabatan kepala dinas yang kosong. Meliputi Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda. Untuk mengisi kekosongan tersebut pihaknya bakal membuka lelang jabatan atau open bidding.

“Saat ini memang masih ada jabatan kepala dinas yang kosong, untuk eselon II. Pastinya nanti bakal ada open bidding. Siapapun berhak ikut lelang jabatan, kita semua terbuka,”tandas Arif Sugiyanto.

Komper Wardopo