blank
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) memberikan Pendampingan Pembuatan Logo, Label, dan Desain Kemasan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sawah Besar, Kota Semarang, baru-baru ini. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) memberikan Pendampingan Pembuatan Logo, Label, dan Desain Kemasan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sawah Besar, Kota Semarang, pada 11 Mei 2023.

Kegiatan diikuti 10 pelaku UMKM di Kelurahan Sawah Besar, Kota Semarang. Mereka diberikan sosialisasi mengenai pentingnya desain logo dan kemasan sebagai brand identity. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan konsultasi mengenai logo dan kemasan yang tepat.

Tim PkM beranggotakan Ketua Khoirul Maulana, anggota Baihaqi Attaric, Nanda Rhediva, Muhammad Ilyas, Rangga Rudyka, Laila Ulfa, Safira Okta, dan Ima Dianti.

Ketua Tim PkM, Khoirul Maulana mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud aksi nyata mahasiswa Ilmu Komunikasi USM dalam mengimplementasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah.

“Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan untuk memudahkan menemukan merek makanan jika dirasa ada keinginan untuk membeli jenis makanan yang sama. Tidak dapat dipungkiri bila mana ada produk yang tanpa logo bisa saja menjulang tinggi karena sudah membuat logo. Untuk harapannya, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif dan dapat membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan promosi.”

Dosen Ilmu Komunikasi USM, Yoma Bagus Pamungkas mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu tanggung jawab sosial USM sebagai institusi pendidikan tinggi.

“Pengabdian tersebut adalah wujud dari perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai perwujudan cinta, kasih sayang dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Memupuk rasa kepedulian mahasiswa sebagai agen of chance, dan membawa pikiran pendapat ilmu pengetahuan, lalu mengaplikasikannya dan menyebarkannya kepada masyarakat demi rasa tanggung jawab yang besar pada lingkungan atau masyarakat,” ungkapnya.

Muhaimin