Truk Mitshubishi Fuso berplat nomor: P-9061-GC, mengalami kecelakaan tunggal terperosok ke Jurang Jetis, di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebuah truk Mitshubishi Fuso berplat nomor: P-9061-GC, Minggu siang (9/4), mengalami kecelakaan tunggal terperosok di jurang Jetis, di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Kasat Lantas AKP Maryono, melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, semalam, menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Polisi yang mendapatkan laporan, segera mendatangi lokasi untuk melakukan penanganan.

Truk yang mengalami kecelakaan tunggal tersebut, dikemudikan oleh Edi Hermanto (46), warga asal Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Warga yang memberikan pertolongan, datang ke lokasi kecelakaan untuk mengevakuasi sopir yang terjepit di ruang kemudi yang posisinya terbalik. Untuk kemudian diangkut ke RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian, menyebutkan, saat kejadian, truk beroda engkel tersebut tengah mengangkut kayu gergajian jenis papan balok ukuran lebar. Peristiwanya berlangsung Pukul 12.30. Pemicu kecelakaan, diduga komponen rem dan koplingnya tidak dapat memberikan fungsi secara maksimal.

Hal itu diketahui, saat melaju di jalan turunan dan tikungan, laju truk tidak dapat dikurangi kecepatannya (dipelankan) dan sulit untuk dihentikan. Dampaknya, truk tetap meluncur keluar badan jalan yang lapisnya dicor beton tersebut, dan terperosok ke dasar Jurang Jetis sedalam sekitar 6 Meter (M). Setelah menabrak dan merobohkan sejumlah pohon penghijauan yang tumbuh di tebing jurang.

Laju truk baru berhenti di dasar jurang, dalam posisi terbalik dengan komponen rodanya berada di atas. Muatan kayu gergajian jenis papan balok berukuran besar, tumpah berceceran di lokasi kecelakaan. Sopir Edi Hermanto terjepit di ruangan kemudi.

Bambang Pur