Para Babinsa dari Koramil-08 Giriwoyo jajaran Kodim 0728 Wonogiri, memimpin kerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat lorong Jembatan Pletet di Dusun Tempuran, Desa Bulurejo, Giriwoyo, Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Lorong Jembatan Pletet di Dusun Tempuran, Desa Bulurejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, tersumbat sampah yang terbawa arus banjir dari hulu. Menjadikan air tidak lancar dan menggerus bagian talud (penguat tebing) jembatan.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, menyikapi kejadian tersebut, Babinsa Desa Bulurejo, Serda Basuki, bersama rekan Babinsa se Koramil-08/Giriwoyo, tampil memimpin kerja bakti. Bersama Kepala Desa (Kades) Bulurejo, Kardi, para relawan siaga bencana serta masyarakat, dilakukan kerja bakti gotong royong membersihkan sampah penyumbat jembatan.

Lokasi jembatan yang dijadikan sasaran kerja bakti bersama ini, berada di Dusun Tempuran RT 1/RW 4, Desa Bulurejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Tujuannya, agar aliran kali dapat lancar kembali, supaya tidak membahayakan bangunan jembatan.

Disamping membersihkan sampah yang menyumbat lorong jembatan, kerja bakti massal tersebut juga membuat tanggul penahan, agar arus banjir tidak menggerus talud bagian bawah jembatan.

Kepada warga masyarakat, diimbau untuk tidak membuang sampah ke aliran kali. Sebab ditengarai, sampah yang menyumbat lorong Jembatan Pletet tersebut, berupa sampah-sampah kering, ranting dan dahan pohon, yang terbawa arus banjir dari hulu.

Bambang Pur