blank
Sebagian peserta touring ukhuwah Bang Japar Sukoharjo, berfoto bersama di titik kumpul Rumah Pokakan, Jetis, Sukoharjo.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) Komda Sukoharjo, Minggu (5/3), menggelar touring ukhuwah ke Pantai Sundak, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kata touring dapat dipahami sebagai kegiatan yang dilakukan sekelompok orang, menempuh jarak jauh beramai-ramai dengan menggunakan kendaraan bermotor (mobil atau sepeda motor). Sedangkan ukhuwah berasal dari bahasa Arab akhu yang artinya saudara, jadi ukhuwah berarti persaudaraan.

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug SW, semalam, mengabarkan, ada sebanyak 12 kendaraan roda empat dan 13 sepeda motor yang mengikutinya. Touring ukhuwah ini, bertujuan untuk menambah pengakraban antaranggota. Harapannya, Bang Japar Komda Sukoharjo semakin solid dan bersemangat untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Ketua Bang Japar Komda Sukoharjo, Maulud Mas Huda, menyatakan, touring ukhuwah ini dilaksanakan sebagai wujud untuk refreshing. Kegiatan touring kali ini mengusung tema ”Pray Brotherhood Totality, Totalitas Persaudaraan Saling Mendoakan.” 

Rahman Ardiyanto selaku Ketua Panitia, mengatakan, para peserta berkumpul di rumah Kampung Pokakan, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Kemudian mengambil start dari Gapura Pintu Masuk tepatnya di Jalan Brigjend Katamso Jetis, Sukoharjo. Jumlah personel yang mengikuti sebanyak 105 orang, mengendarai 12 mobil dan 13 sepeda motor.

Dalam touring tersebut juga diisi dengan game yang bisa menambah pengakraban antaranggota. Harapannya, Bang Japar Komda Sukoharjo makin solid dan bersemangat dalam melakukan beragam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Bambang Pur