blank
Erick Thohir berfoto bersama Mochamad Iriawan, usai acara pemilihan Keua Umum PSSI. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Erick Thohir akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027. Erick yang juga Menteri BUMN ini, menggantikan posisi Mochamad Iriawan, yang habis masa jabatannya.

Pada pemilihan Ketua Umum PSSI itu, Erick memperoleh 64 suara. Sedangkan AA La Nyalla Mattalitti meraih 22 suara. Lalu Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tidak memperoleh satu suara pun. Sementara itu, Fary Djemy Francis mengundurkan diri dari calon ketua umum, wakil ketua umum dan Exco.

Hasil itu diketahui usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023, yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Namun usai pemilihan Ketum PSSI, sempat terjadi kericuhan, terkait hasil pemilihan posisi dua wakil ketua umum, sehingga harus dilakukan pemilihan ulang.

BACA JUGA: Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com di lokasi, sempat terjadi kericuhan selepas pengumuman hasil suara. Namun tidak terdengar jelas suasana di ruang kongres, karena pintu ditutup dan dijaga ketat.

Kepastian soal penghitungan ulang suara posisi wakil ketua umum, dikabarkan Togar Simanjuntak, perwakilan dari Persiba (Balikpapan). Togar yang keluar ruangan sidang bersedia memberikan keterangan.

”Ada banyak suara yang hilang. Sementara banyak yang nulis nama Tisha hilang. Ada yang nulis nama Syauqi hilang. Ada yang nulis nama Riyadh hilang,” ungkap Togar kepada awak media di depan gerbang masuk ruang kongres.

BACA JUGA: Di Wonogiri, Tanah Ambles dan Bencana Longsor Terjadi di Empat Kecamatan

”Inginnya teman-teman ganti Komite Pemilihan. Tetapi mantan ketua umum Iwan Bule menyelamatkan. Kita mendengarkan wibawa Pak Ibul, hitung ulang. Jadi kongres ini diselamatkan wibawanya Pak Iwan Bule,” ujarnya.

Togar menyampaikan, peserta kongres marah, karena banyak yang merasa memberi suara kepada calon pilihannya, tetapi hasilnya tidak ada. Protes keras akhirnya dilayangkan.

”Kita marahnya itu, Exco-Exco yang lama itu yang mengkhianati Pak Ibul. Sekarang mau mengkhianati pula kita peserta kongres. Ini yang buat kita marah,” ucap Togar dengan intonasi tinggi, menggambarkan emosinya.

BACA JUGA: Isra’ Mi’raj di SMAN 1 Kertek : “Anak-Anak Jangan Tinggalkan Shalat!”

”Penyelesaiannya setelah ribut, Pak Ibul mengusulkan supaya pencoblosan ulang. Kita sekarang belum tahu, apakah ini diterima atau buktikan kerta hasil pencoblosan itu hasilnya gimana, atau pilih ulang,” beber dia.

Tak lama berselang, Menpora RI Zainudin Amali yang sempat meninggalkan ruang kongres kembali. Begitu juga dengan peserta kongres lainnya yang sempat pergi, kembali ke ruang sidang.

Sebelumnya sudah terselenggara pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI, dengan hasil Zainudin Amali dan Yunus Nusi menjadi pendamping Erick Thohir.

Riyan