Sejumlah karateka Inkai Kota Semarang, ketika melakukan peragaan jurus, pada ujian kenaikkan tingkat, yang digelar di Balai Kelurahan Lamper Tengah, Semarang, Minggu (12/2/2023). Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Kota Semarang, bertekad meraih posisi tiga besar dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Inkai Jawa Tengah Danpomdam IV/Diponegoro Cup X 2023, yang akan digelar Kamis-Minggu (23-26/2/2023), di Kabupaten Wonogiri.

Ketua Pengcab Inkai Kota Semarang, Syukri Asrof, yang ditemui saat memantau ujian kenaikan tingkat karateka Inkai, di Balai Kelurahan Lamper Tengah, Semarang, Minggu (12/2/2023) mengatakan, upaya meraih posisi tiga besar itu cukup berat.

Menurut dia, ada lima Pengcab Inkai yang menjadi pesaing ketat karatekanya. Pengcab itu dari atlet Kabupaten Semarang, Kota Surakarta, Jepara, Wonosobo dan Temanggung. Namun pihaknya tetap optimistis, Inkai Kota Semarang bakal meraih posisi tiga besar, dalam kejurda itu.

BACA JUGA: Brand Awareness Penting untuk UMKM, Mahasiswi KKN Undip Bantu Branding Produk Bawang Goreng

Syukri Asrof
(Ketua Pengcab Inkai Kota Semarang). Foto: spr

”Saya optimistis karateka kami mampu merebut posisi tiga besar, dalam Kejurda Inkai nanti. Meski ada beberapa daerah yang kini menjadi kekuatan baru, seperti dari Kabupaten Semarang, Solo, Jepara dan Wonosobo,” kata Syukri.

Dia menilai, pesaing paling beratnya dari atlet Kabupaten Semarang. Karena selain memiliki atlet andal, juga mereka dilatih pelatih Nasional.

Syukri menambahkan, dalam kejurda itu beberapa atletnya diharapkan mampu meraih medali emas. Harapan itu bertumpu pada Muhammad Alif yang akan turun di kelas Kadet (Kata Beregu Putra) dan Aisa (Kata Putri).

BACA JUGA: Present Participle itu Formulanya Simple! Mahasiswa KKN mengedukasi Karang Taruna Desa Banjaranyar

”Kami berharap, karateka andalan kami Muhammad Alif dan Aisa mampu berprestasi di Kejurda Inkai se-Jateng nanti. Atau karateka Kota Semarang yang lain, juga mampu meraih emas,” harap Syukri, yang juga penyandang Dan 5 ini.

Kejurda ini nantinya akan mempertandingkan mulai Pra Usia Dini, Dini, Pra Pemula, Pemula, Kadet, Junior, Under 21, Senior dan Kelas Veteran.

Sementara itu, dalam ujian kenaikan tingkatnya, diikuti sejumlah 200 karateka, dari sabuk putih hingga penyandang sabuk cokelat. Para karateka diuji Sensei Taris penyandang Dan 4, Candra (Dan 4/Binpres Inkai Kota Semarang) dan Sensei Abadi Akbar (Dan 4).

Menurut Syukri, sebelum ujian kenaikkan tingkat, para karateka wajib mengikuti Gashuku, yang sudah dilaksanakan pada Minggu (5/2/2023). Dengan adanya kegiatan Gashuku ini, mereka dapat memperbaiki Kihon, Kata (jurus) dan teknik pukulannya.

Sigit Pr