BREBES ( SUARABARU.ID) : Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengabdian dari mahasiswa kepada masyarakat bangsa, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro dilakukan 1 tahun dua kali dan dibagi menjadi 2 tim. Tim 1 yang di deploy pada awal tahun atau semester genap dan tim 2 yang di deploy pada pertengahan tahun atau semester ganjil. Pada tiap pelaksanaan kegiatan KKN memiliki tema yang berbeda-beda, adanya perubahan tema dari tahun ke tahun agar banyaknya varian kreasi Program kerja yang akan disuguhkan oleh mahasiswa kepada masyarakat.
(Gambar)
Mahasiswa yang dilepaskan pada Tim 1 KKN Universitas Diponegoro pada tanggal 3 Januari 2023 lalu mendapatkan tema SDG (Sustainable Development Growth) berbeda dengan Tim pada tahun sebelumnya yang mendapatkan tema Covid-19. Dengan banyak poin yang ada pada SDG mahasiswa dari berbagai macam fakultas dapat memilih Program Kerja yang diinginkan. Penentuan Program Kerja ini juga harus melihat potensi dan masalah yang ditemukan pada Desa yang menjadi tempat Kuliah Kerja Nyata agar serta dapat berjalan selaras dengan apa yang diinginkan, baik dari masyarakat ataupun tokoh penting dalam Desa.
Mahasiswa KKN yang berada di Desa Banjaranyar menemukan masalah yang tidak bisa dianggap sepele dari sektor sumber daya manusia desa, yaitu kurang tertariknya remaja dalam mempelajari bahasa Inggris. Melihat dari bagaimana pesatnya perkembangan zaman pada saat ini bahasa Inggris adalah suatu komponen penting untuk dapat terus berkembang, seperti contohnya dalam dunia kerja yang saat ini sedang sering-seringnya melakukan kerja sama antar negara baik bilateral maupun multilateral. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sudah sangat banyak perusahaan besar yang menggunakan wawancara ataupun meminta curriculum vitae atau CV calon pekerja dengan menggunakan bahasa Inggris.
Melihat ini sebagai masalah yang tidak bisa disepelekan mahasiswa ingin memberikan poin ke-4 dalam SDG (Sustainable Development Growth) yaitu Pendidikan Berkualitas. Selain memberikan penyuluhan mengenai pentingnya bahasa Inggris dalam dunia kerja, mahasiswa juga memberikan edukasi melalui media poster pengenalan present participle dan kata kerja sehari-hari yang dapat dihafalkan nantinya. Pada saat pelaksanaan program kerja yang diadakan pada tanggal 19 Januari 2023, mahasiswa memperkenalkan bagaimana cara menggunakan Present participle atau yang bias akita kenal verb-ing, penggunahan imbuhan -ing dalam kata kerja bahasa Inggris ini memiliki formula yang cukup mudah untuk dihafal yaitu subjek + kata kerja (verb + ing).
Tujuan Mamasiswa memilih present participle ini sebagai salah satu Program Kerja adalah agar penggunaan bahasa Inggris yang nantinya diterapkan sesuai dengan apa yang sudah ada pada umunya. Dengan kata lain agar nantinya Ketika memasuki dunia kerja remaja dan Karang Taruna Desa Banjaranyar dapat berbicara bahasa Inggris dengan susunan dan paduan kata yang baik dan benar dan menumbuhkan minat akan mempelajari bahasa inggris.