BREBES (SUARABARU.ID):
Video promosi merupakan salah satu strategi promosi yang banyak dilakukan oleh para pelaku usaha untuk memperkenalkan produk atau jasanya kepada masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kemudahan video promosi dalam menyampaikan pesan sehingga cepat dan mudah dipahami masyarakat. Selain itu, kemudahan dalam mengunggah konten video promosi melalui media sosial juga menjadi cara jitu untuk menarik minat masyarakat.
Dengan dilatar belakangi hal tersebut, mahasiswa KKN Tim I Undip membuat sebuah video promosi satu-satunya UMKM yang ada di Desa Banjaranyar, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes yang diunggah melalui reels Instagram. UMKM ini bergerak dalam bidang bawang goreng mengingat Kabupaten Brebes merupakan daerah yang terkenal akan bawang merahnya. Pembuatan video promosi ini juga menjadi program monodisiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran para pemilik UMKM akan pentingnya pemasaran melalui video promosi.
Sebelum melaksanakan proker tersebut, mahasiswi melakukan survey mengenai keadaan UMKM yang ada di Desa Banjaranyar melalui perangkat desa setempat. “Untuk di Desa Banjaranyar ini sendiri hanya terdapat satu UMKM yaitu bawang goreng Ibu Eli”, ujar Pak Nanang selaku Sekretaris Desa.
Pelaksanaan proker diawali dengan mendatangi kediaman ibu Eli untuk melakukan wawancara mengenai proses pemasaran yang selama ini dilakukan oleh pihaknya. Dari hasil wawancara yang didapat, UMKM miliknya ternyata telah memiliki jangkauan pasar dengan skala nasional dan juga telah memasarkan produknya secara online melalui website, instagram, dan WhatsApp. Namun dari ketiga jenis media sosial tersebut belum terdapat promosi yang berbentuk video, konten promosi yang dilakukan masih sebatas dengan foto produk makanan saja. Adapun konten yang berbentuk video hanya sebatas merekam packaging dari produk. Dalam pengunggahan konten di Instagram pun bisa dibilang sangat jarang sekali, hal ini dapat dilihat dari tanggal terakhir penggunggahan yaitu pada tanggal 13 November 2021.
Dalam pelaksanaan proker ini, mahasiswi mendapatkan pendampingan dan antusias yang tinggi dari Ibu Eli dan keluarga, hingga dalam keberlangsungan proker ini dapat berjalan sampai proses finalisasi. Video tersebut telah diunggah pada reels akun instagram @bagor_aslibrebes pada 30 Januari 2023.