Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. (Empat dari kiri), Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto, S.Si., DEA(dua dari kanan) bersama perwakilan mitra melakukan peluncuran Sebelas Maret Data Analytics Center (SMartDatA) dalam acara yang berlangsung , Kamis (22/12). Foto: FMIPA

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, meluncurkan “Sebelas Maret Data Analytics Center (SMartDatA)” .

Peluncuran layanan untuk mengatasi suatu masalah data analitik dilakukan Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D., dalam acara di Aula Gedung C FMIPA UNS, Kamis (22/12)

Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. dalam kata pengantarnya ketika membuka kegiatan mengatakan, Smart data sudah sangat populer di samping big data.

Smart data sendiri merupakan bagian dari big data yang sudah disaring untuk siap digunakan kalangan pengguna baik akademisi maupun praktisi seperti halnya kalangan industri.

Kemunculan big data merupakan faktor utama meningkatnya minat terhadap profesi pada lingkup data science, seperti data scientist, data analyst, dan data engineer.

Saat ini hampir seluruh perusahaan tengah memberikan perhatian lebih kepada data yang mereka miliki.

Dengan memanfaatkan data melalui olahan dan analisisnya, perusahaan bisa mendapat informasi penting yang berguna bagi kemajuan bisnis perusahaan.

Statistika dan data science menjadi fondasi pengambilan keputusan, perencanaan bisnis, dan pengembangan sektor ekonomi, kesehatan, dan lainnya.

Pihaknya berharap apa yang diluncurkan Prodi Statistika dapat menjadi embrio pusat unggulan UNS, khususnya Prodi Statistika.

“Kami berharap semoga SMartDatA bisa menjadi embrio pusat unggulan universitas khususnya Prodi Statistika, karena bisa memberikan solusi tepat untuk menjawab permasalahan data analitik,” tandasnya.