Perayaan Natal, pasti telah disambut gembira oleh mereka yang merayakannya, dan mereka pasti melakukan serangkaian persiapan, seperti memasang dan menghias pohon Natal, memilih baju Natal senada dengan anggota keluarga, mempersiapkan kado natal, hingga membuat hidangan khusus Natal dalam jumlah banyak.

Namun dapat dipastikan salah satu hidangan yang wajib disajikan adalah kue kering.

Kehadiran kue kering di tengah-tengah acara kumpul bersama keluarga besar tentunya bisa menambah kedekatan dan keseruan pada momen Natal.

Gingerbread Man, atau kue jahe, adalah makanan tradisional yang ada populer saat Natal. Rasanya yang manis dan kaya akan rempah-rempah membuat kue Natal satu ini sangat populer dan membawa sensasi manis yang hangat saat dicicipi.

Selain nikmat, kue ini juga cocok dinikmati dengan segelas cokelat hangat sambil membaca buku, mendengarkan lagu, atau menonton film Natal. Nah, berikut resep kue kering khas Natal yang wajib mengisi toples-toples kue Anda.

Bahan-bahan:

  • 350 gram tepung terigu
  • 125 gr mentega, suhu ruang
  • 175 gr light brown sugar (gula cokelat)
  • 4 sdm golden sirup (sirup emas)
  • 1 butir telur
  • 1 sdt baking soda
  • 2 sdt bubuk jahe
  • 1 sdt bubuk kayu manis

Langkah-langkah:

1. Ayak tepung, baking soda, bubuk jahe, dan bubuk kayu manis, lalu tuangkan ke dalam food processor atau blender pengolah makanan. Selain food processor, kamu juga dapat menggunakan blender atau mixer.

2. Tambahkan mentega dan haluskan hingga adonan terlihat seperti remahan roti. Masukkan gula dan campur hingga rata. Kocok perlahan telur dan golden syrup, lalu tuang perlahan ke dalam food processor dan aduk hingga campuran menggumpal.

3. Jika sudah menggumpal, angkat adonan, uleni sebentar hingga lembut, lalu bungkus dengan plastik wrap atau cling wrap. Biarkan dingin di lemari es selama 15 menit.

4. Panaskan oven dengan dengan suhu sekitar 160-180 C. Lapisi loyang pemanggang, atau loyang oven dengan kertas minyak.

5. Tuang sedikit tepung ke atas meja agar adonan tidak menempel. Ratakan adonan di atas tepung, giling hingga ketebalan 0,5 cm.

6. Dengan menggunakan pemotong, potong bentuk pria roti jahe dan letakkan di atas loyang. Jangan lupa sisakan celah di antara keduanya adonan.

7. Panggang selama 12–15 menit, atau sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat dan biarkan biskuit di atas nampan selama +/- 10 menit dan kemudian pindahkan ke rak lain untuk menunggu dingin.

8. Saat sudah dingin hiasi dengan icing tulisan dan dekorasi kue, sesuai selera.