blank

SUARABARU.ID Rektor Prof Dr Gunarto SH MH akan segera mengukuhkan dua guru besar baru dari Fakultas Ekonomi Unissula. Pengukuhan rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2022 ini. Mereka adalah Drs Widiyanto MSi PhD dan Dr Ken Sudarti SE MSi. Dr Ken Sudarti dan Widiyanto PhD merupakan guru besar ke sembilan dan kesepuluh di Fakultas Ekonomi Unissula. Secara keseluruhan merupakan professor ke 26 dan ke 27 di Unissula.

Rektor menyambut gembira tambahan dua guru besar tersebut karena akan meningkatkan daya saing dan kwalitas baik bagi fakultas maupun universitas. “Sangat jarang ada Fakultas Ekonomi dari universitas swasta di Indonesia yang memiliki sepuluh guru besar. Hal itu merupakan cerminan kwalitas dan daya saing tinggi Fakultas Ekonomi Unissula,” ungkapnya.

Masih menurut Rektor, “Guru besar merupakan gelar yang harus diterima dengan penuh rasa tanggung jawab. Senantiasa taat pada pemimpin, terus memberikan karya- karya terbaik bagi Unissula dan masyarakat. Bersedia menyempatkan waktunya untuk berbagi ilmu. Bersedia memberikan masukan serta bimbingan kepada dosen dosen lainnya agar semakin banyak dosen Unissula yang segera mendapat gelar profesor,” pungkasnya (20/12).

Surat Keputusan Drs Widiyanto MSi PhD sebagai guru besar telah ditandatangani Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim per 16 Nopember 2022. Dosen kelahiran Kendal 27 Mei 1962 tersebut mendapat gelar profesor pada bidang ilmu ekonomi syariah.

Ayah dari empat putri tersebut selama ini telah mengemban berbagai jabatan penting di Unissula antara lain Wakil Rektor I bidang akademik 2009-2013. Menjabat sebagai Ketua Program Magister Manajemen 2013-2017. Juga pernah menjabat sebagai sekertaris jurusan Manajemen, dan Kepala jurusan Manajemen.

Ia juga merupakan dosen yang cakap dalam bidang penulisan. Tulisannya dalam bentuk artikel populer telah terbit diberbagai media masa lokal dan nasional. Dmeikian juga artikel ilmiahnya telah terpublikasi diberbagai jurnal nasional maupun jurnal internasional terindeks Scopus.

Sementara Surat Keputusan Dr Ken Sudarti SE MSi sebagai guru besar juga telah ditandatangani oleh Mendikbudristek.  Surat Keputusan tersebut sudah diserahterimakan oleh Kepala LLDikti Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko SH MH pada 9 Nopember 2022 lalu.

Prof Ken Sudarti adalah lulusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Unissula tahun 1990. Juga lulusan Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Unissula tahun 2020. Dosen kelahiran Semarang, 3 Agustus 1967 tersebut memiliki kualifikasi tinggi mengajar dan meneliti pada area manajemen pemasaran, pemasaran jasa dan perilaku konsumen.

Ia berhasil mempublikasikan berbagai penelitian ilmiahnya diberbagai jurnal internasional terindeks Scopus dan WoS. Juga dikenal sebagai penulis artikel populer yang produktif. Tulisannya telah terbit diberbagai media massa cetak dan online skala nasional.