Babinsa Serka Slamet (kiri) dari Koramil-01 Wonogiri Kota Kodim 0728 Wonogiri, makan bersama dengan Ny Sukini warga Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Saat mengetuk pintu rumah depan tak ada respon, Babinsa Serka Slamet Riyadi, kemudian mengecek ke rumah belakang. Anggota Koramil-01/Wonogiri Kodim 0728/Wonogiri ini, tiba-tiba nyelonong masuk ke ruang dapur.

Kehadirannya yang tidak dinyana-nyana tersebut, menjadikan kaget Ny Sukini (57). Tapi dalam tempo singkat, terjalin perbincangan akrab Serka Slamet dengan warga Dusun Timang Kulon RT 02/04, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri tersebut.

Terlebih setelah Serka Slamet menyampaikan maksud kedatangannya, yakni untuk menjalin silaturahmi dalam rangka membangun Komunikasi Sosial (Komsos).

Sebagai prajurit yang bertugas di garda depan pembinaan teritorial (Binter), Serka Slamet, punya cara ‘nyentrik’ dalam membangun keakraban dengan warga.

Oleh-oleh

Saat melakukan anjangsana ke rumah warga, dia membawa serta oleh-oleh bahan kebutuhan pokok harian. Bahan yang dibeli dari pasar tradisional setempat itu, kemudian dimasak dengan warga yang didatanginya. Hasil masakannya, kemudian dijadikan menu makan siang bersama.

”Ini menjadi salah satu cara agar hubungan keakraban segera cair dan untuk mendekatkan diri ke warga saat melakukan Komsos. Yakni dalam upaya menumbuhkembangkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujar Serka Slamet.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, cara kreatif yang dilakukan Serka Slamet itu mendapat apresiasi dari Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto.

Apa yang dilakukan Serka Slamet kiranya dapat menginspirasi bagi para personel Babinsa lainnya. Seluruh anggota Kodim 0728/Wonogiri, diseru untuk peduli terhadap masyarakat. Harus senantiasa siap memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkannya.

Bambang Pur