Potret Rachel Vennya, mantan suami, dan anak-anaknya. Foto: instagram.com/rachelvennya)

TIDAK jarang selebgram sekaligus single parent seperti Rachel Vennya merekam kegiatan kedua anaknya sehari-hari, Xabiru Oshe Al Hakim dan Aurorae Chava Al Hakim.

Beberapa kali video instagram story Rachel terkait dengan gaya parenting-nya. Banyak netizen yang akhirnya menyadari betapa pentingnya dampak pola asuh terhadap perkembangan sang anak.

Pola asuh orang tua yang mengajarkan anaknya untuk bersikap sopan, disiplin, meminta maaf jika melakukan kesalahan, dan lain sebagainya adalah hal yang biasa dilakukan, tetapi satu hal yang jarang diperhatikan oleh orang tua adalah menanyakan bagaimana hari-hari yang dialami oleh sang anak dan bagaimana perasaannya.

Ternyata Rachel Vennya menjalankan kebiasaan itu sebelum tidur dengan anak-anaknya. Xabiru dan Chava dibiasakan untuk terbuka kepada orang tuanya mengenai perasaan apa yang dirasakan pada hari itu.

Hal ini sudah pasti sangat berdampak baik pada psikis sang anak karena tidak ada emosi yang harus mereka pendam sejak kecil.

Pertanyaan yang diajukan cukup ringan. Contohnya, apakah sang anak bahagia, sedih, atau marah pada hari itu, tetapi seorang anak kecil seringkali masih kebingungan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, maka dari itu Rachel Vennya selalu meyakinkan anaknya bahwa tidak apa-apa untuk bercerita mengenai apa yang dirasakan.

nstagram Story Rachel yang berbagi ilmu mengenai parenting yang dilakukannya. Foto: twitter.com/alzaynx

Jika ada suatu kesalahan yang dilakukan oleh Xabiru atau Chava, Rachel selalu memastikan apakah itu benar atau tidak. Jika benar, maka Rachel akan menyuruh mereka untuk meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

Rachel tidak hanya fokus pada kesalahan yang diperbuat, tetapi juga perasaan yang dirasakan oleh kedua anaknya.

Parenting yang diajarkan oleh Rachel ini membuat Xabiru sebagai kakak dari Chava menuai banyak pujian karena sering bertingkah manis, sabar, dan terlihat sangat menyayangi adiknya.

Hannah C. Amalia