blank
Pengunjung ramai mewarnai gelaran AMD di Kampung Madyorejo, Sukoharjo. Berbelanja di event AMD, dibakukan menggunakan coin.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Untuk berbelanja di gelaran Al Falah Market Days (AMD), dibakukan memakai alat pembayaran berupa coin. Khusus peserta salat Subuh berjamaah, memperoleh pembagian coin untuk membeli aneka kebutuhan di event AMD.

”Bagi masyarakat umum, dapat menukarkan uangnya terlebih dahulu ke meja pelayanan coin money changer panitia AMD,” jelas Tokoh Masyarakat Begug Suwarman.

Masjid Al Falah beralamat di Jalan Semeru No 13B Kampung Madyorejo RT 01/RW 07, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Pada hari-hari tertentu, utamanya Ahad (Minggu) pagi, menggelar salat Subuh berjamaah yang dilanjutkan pengajian.

Kemudian pada Pukul 06.00-08.00 dilakukan gelaran AMD di sepanjang jalan depan masjid, mengambil tema ”Menggembirakan Umat, Meningkatkan Ekonomi Masyarakat.”

Panitia menyediakan 33 stand bagi pedagang untuk membuka lapak berjualan aneka komoditas. Jenis komoditas yang dijajakan terdiri atas beragam kuliner Sarapan Siap Saji (SSS) seperti soto sapi, bubur lemu, sambal tumpang, pecel gendar, bubur jagung, bubur kacang hijau, bubur syam dan nasi bancakan.

Juga dijajakan aneka minuman seperti susu sapi segar, kopi, cincau, aneka jus, es teh, sari kacang hijau, susu kambing segar dan susu kedelai.

Lauk Pauk

Pedagang juga menjajakan aneka lauk pauk. Seperti wader goreng, udang goreng, pepes, bothok, garang asem, telur asin, sambal kacang dan telur ayam kampung. Aneka jajanan juga ada, seperti cilok, kue donat, rambak, lenjongan, pangsit, tahu petis, pisang krispi, tahu bakso, kue pukis, lanting ndower dan ketan bubuk, ketan juruh, ketan keju.

Pengunjung juga dapat berbelanja aneka kebutuhan pokok sembako diantaranya beras, minyak goreng, gula pasir, gula batu, gula aren dan gas elpiji 3 Kilo-an serta aneka jenis bumbu dapur. Produk fashion juga tersedia, terdiri atas aneka ragam pakaian dan ada pula kain sprei.

Panitia menyediakan jasa pelayanan pemeriksaan kesehatan tekanan darah (tensi) gratis. Untuk cek kadar gula darah dipasang tarip Rp 5 ribu, asam urat Rp 10 ribu, kadar kolesterol Rp 15 ribu. Selain itu juga tersedia aneka jamu herbal, merchandise (barang dagangan) pejuang masjid, peci, kopiah dan minyak wangi.

Takmir Masjid  Al Falah, Rudy Setyohadi, menyatakan, bagi pengunjung yang bisa menunjukkan akun IG yang sudah memfollow IG-nya pejuang_masjid_alfalah, akan mendapatkan merchandise dari Panitia AMD.

Ketua RT 01/07 Madyorejo, Joko Sarjana, menyatakan, pengunjung AMD dipandu oleh Kartika Ajjah dalam kiat memudahkan memilih jenis komoditas yang akan dibeli. Nuansa merah putih dihadirkan dalam turut serta memeriahkan memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022.

Bambang Pur