blank
Kepala dan para guru SDN Kampus Mulyoharjo. (Foto:Novika)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 menjadi perayaan yang semakin special bagi keluarga besar SDN Mulyoharjo Kampus.

Melalui tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” yang ditetapkan Pemerintah ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan. Pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa. Euforia peringatan Kemerdekaan pun perlahan sudah mulai terlihat di berbagai daerah khususnya di SDN 1 Mulyoharjo kampus.

blank
Krnaval “berkebhinnekaan global” yang berarti seluruh siswa memakai pakaian adat dari sabang sampai Merauke

Rangkaian acara dalam memperingati Kemerdekaan ini berlangsung selama 3 hari. Dimulai sejak hari Senin15 Agustus 2022, diadakan perlombaan antar siswa baik di SDN 1 maupun 2 Mulyoharjo. Anak – anak terlihat sangat antusias dan berlomba – lomba untuk menjadi juara.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan di halaman SD Kampus Mulyoharjo yang sebelumnya dibuka dan diberi sambutan oleh Daryanto selaku kepala SD Negeri 1 dan 2 Mulyoharjo. Lomba ini dilakukan secara berkelompok dan individu yang diikuti oleh kelas rendah maupun kelas tinggi.

Pada lomba berkelompok ini mereka mewakili teman satu kelas untuk memperebutkan juara 1. Adapun cabang lomba berkelompok diantaranya lomba Balap karung, estafet kelereng, estefet air, dan estafet tepung. Sedangkan lomba individunya adalah lomba jepit bola.

blank
Marching band “Gita Shima Mulya” dari SDN 1 Mulyoharjo pun turut meramaikan acara peringatan HUT Kemerdekaan RI. (Fot: Novika)

Tidak hanya itu, para  guru juga tidak mau kalah yang juga mengikuti kegiatan lomba. Lomba dibagi menjadi 4 kelompok campuran diantara kedua SD tersebut. 4 kelompok ini diberi nama Rambo, Semok, Cendol Dawet, dan Solehot.

Sebelum pelaksanaan lomba, para  guru diberi waktu untuk membuat yel – yel dan dipilih berdasarkan tepuk tangan siswa. Hadiah untuk yel – yel terbaik pun langsung diberikan oleh Kepala Sekolah, Daryanto,S.Pd. Selanjutnya para  guru mengikuti 4 cabang lomba diantaranya balap karung, estafet tepung, estafet air dan tarik tambang.

Kegiatan ini sangat seru dan anak – anak pun melihat untuk memberi dukungan pada Bapak/Ibu gurunya masing – masing. Dari ke 4 cabang lomba tersebut, Kelompok Rambo berhasil meraih juara 1 dalam 3 cabang dan dinobatkan sebagai juara umum. Beruntungnya penulis termasuk dalam kelompok Rambo tersebut. Kegiatan ini menambah keharmonisan diantara keluarga besar SDN 1 dan 2 Mulyoharjo.

Puncak kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 ini terjadi pada hari Rabu 17 Agustus 2022. Setelah melaksanakan upacara bendera, dilanjutkan pawai karnaval yang diikuti oleh seluruh warga SDN 1 dan 2 Mulyoharjo. Uniknya kegiatan pawai karnaval ini mengambil tema “berkebhinnekaan global” yang berarti seluruh siswa memakai pakaian adat dari sabang sampai Merauke. Tidak hanya siswa, Bapak/Ibu guru juga turut berpartisipasi memakai pakaian adat dan mengikuti pawai karnaval Bersama. Pawai Karnaval diawali oleh siswa yang bertugas membawa spanduk. kemudian dilanjutkan pembawa foto presiden dan wakil presiden.

Kemudian disusul pasukan pembawa bendera. Selanjutnya marching band “Gita Shima Mulya” dari SDN 1 Mulyoharjo pun turut meramaikan acara tersebut. Setelah itu dilanjutkan barisan siswa – siswi dari kelas 1 sampai 6 baik SDN 1 maupun 2 Mulyoharjo.

Rute karnaval ini tidak begitu jauh dan hanya di sekitaran Desa Mulyoharjo. Masyarakat setempat antusias untuk turut menyaksikan pasukan karnaval yang baru terlaksana pasca 2th pandemic covid 19.  Keseruan pawai karnaval ini untuk selengkapnya bisa dilihat pada youtube SDN 1 Mulyoharjo berikut : https://youtu.be/NYIRvnMs7bg

Tema “Berkebhinnekaan global” ini diambil sebagai penguatan dari salah satu dimensi profil Pancasila yang diharapkan mampu menambah rasa cinta tanah air pada negara kita Indonesia

Hadepe –  Novika Indriati, S.Pd