Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin saat memotong tumpeng dalam syukuran HDKD ke- 77 tahun 2022. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Syukuran Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Kemenkumham Jawa Tengah digelar di halaman Kanwil.

Kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah A. Yuspahruddin, serta penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Pada malam syukuran ini juga diserahkan penghargaan untuk para stakehoder terkait.

Yuspahruddin menyampaikan, serangkaian kegiatan dalam menyambut HDKD tahun 2022 ini sudah dilaksanakan dengan meriah.

Menurut Yuspahruddin, peringatan perayaan tahun ini istimewa, karena pertama kalinya diperingati pada tanggal 19 Agustus, yang mana sebelumnya diperingati tanggal 30 Oktober.

“Perubahan ini adalah hasil kajian penelusuran sejarah dan bukti-bukti otentik, serta hasil wawancara dari sesepuh dan para pakar hukum,” ujarnya di sela-sela acara, Jumat malam (19/8/2022).

“Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM menetapkan HDKD diperingati pada tanggal 19 Agustus, yang umurnya sama dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI,” sambung Yuspahruddin.

Melalui peringatan yang mengusung tema ‘Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin Pasti dan Berakhlak’, Kakanwil mengajak jajarannya agar bekerja dengan baik dari waktu ke waktu, didasari tata nilai Pasti dan Berakhlak.

“Peningkatan penegakan hukum keimigrasian, penyelesaian usulan remisi 7511 remisi umum pidana dan anak pidana, tak lepas dari dukungan stakeholder dan mitra kerja Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah,” tuturnya.

“Begitupun dukungan Keimigrasian dalam pengawasan orang asing dan lainnya, kami harapkan bisa terus terjaga dan solid di masa depannya,” tambah Yuspahruddin.

“Ada PR yang cukup besar dari Kementerian Hukum dan HAM, dimana kita akan gelorakan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan 14 masalah krusial yang saat ini tengah kami diskusikan terkait RKUHP,” tandas Yuspahruddin.

Untuk itu pihaknya akan meminta bantuan kepada para mitra, agar RKUHP bisa disyahkan pada tahun ini.

Dalam malam syukuran dihadiri tamu undangan para stakeholder diantaranya Gubernur Jawa Tengah (yang mewakili), Kodam IV/Diponegoro, Kepala BNNP Jawa Tengah, Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah, para mitra kerja, para Kepala Divisi dan lainnya.

Ning Suparningsih