blank
Tsaniatus Solihah yang akrab disapa Ika sedang menguraikan materi tentang L-SAPA pada peserta (11/8/2022). Foto: humaini

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, menginisiasi gerakan dan deklarasi komitmen L-SAPA , Laki-laki Sahabat Perempuan dan Anak, Kamis (11/8/2022).

Mereka yang tergabung dalam L-SAPA ini adalah laki-laki dari perwakilan lembaga masyarakat di kelurahan, melibatkan semua Ketua RW dan Ketua RT di kelurahan tersebut.

L-SAPA dibentuk untuk mendukung salah satu indikator Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA), yaitu  peningkatan peran ibu dalam pengasuhan anak,  dan  juga melibatkan bapak/laki-laki dalam pengasuhan.

“Gerakan ini diharapkan bisa membantu  mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kelurahan Tanjungmas,” kata Direktur Yayasan Anantaka yang juga fasilitator KRPPA.

Deklarasi diawali dengan sosialisasi tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak , menghadirkan narasumber Tsaniatus Solihah yang akrab dipanggil Ika, Direktur Yayasan Anantaka,  sekaligus fasilitator daerah KRPPA.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selama ini mindset atau pola pikir masyarakat terkait dengan pengasuhan anak adalah tanggung jawab ibu atau perempuan saja. Ayah atau laki-laki masih sangat minim. Diharapkan dengan ada nya sosialisasi dan gerakan ini bisa meningkatkan peran laki-laki dalam pengasuhan anak,” tutur Ika.

Deklarasi   

Di akhir acara dibacakan deklarasi L-SAPA  yang dipimpin oleh Koordinator L-SAPA Aris Aryanto,  diikuti oleh semua anggota.

“Kami laki-laki sahabat perempuan dan anak Kelurahan Tanjungmas Kecamatan Semarang Utara berkomitmen menjadi pelopor mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak,  mendukung Kelurahan Tanjungmas sebagai Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak.”