AHY didampingi Petinggi Senenan, Mulyono, saat mencoba mengukir kayu. Foto: dok/ist

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono Kamis (7/4-2022) telah berkunjung ke Jepara. AHY, mengunjungi Sentra Relief Senenan dan berdiskusi dengan para perajin serta pengusaha ukir Jepara. Salah satu UMKM yang dikunjungi adalah UMKM Mulya Indah Putra milik Muhlisin.

Hadir menyambut kedatangan AHY, Ketua DPD Partai Demokrat Rinto Subekti, Ketua DPC Partai Demokrat Jepara M. Latifun bersama jajaran pengurus, Helmy Turmudhi anggota DPRD Jateng serta dua anggota DPR RI dari Partai Demokrat.

Sedangkan pertemuan dengan kurang lebih 52 orang pengusaha UMKM dan perajin ini diselenggarakan di rumah Petinggi Senanan, Mulyono.  Sentra relief Senenan menurut Petinggi Mulyono mulai didirikan sebagai sentra pada tahun 2005.

” Saat diresmikan baru ada sekitar 15 UMKM. Saat itu juga diresmikan Koperasi Industri dan Kerajinan Sentra Relief Jepara. Kini telah ada 36 UMKM dengan tukang ukir sekitar 225 orang,” ujar Mulyono.

Harapannya dengan kehadiran AHY Sentra Relief Senenan dapat terus berkembang. “Kami mohon bimbingan dan dukungannya,” ujar Mulyono.

Sedangkan Rensi Eka Prasetya, seorang pengusaha muda dari Senenan mengungkapkan industri mebel potensinya besar. “Namun saat ini menghadapi persoalan besar dari sisi pelestariannya sebab banyaknya investasi manufacture. Juga biaya kontener yang naik ratusan persen,” ujarnya

“Harapan  kami Pak AHY mau mendorong Pemerintah   untuk melindungi kelestarian seni ukir. Kami punya Perda No. 2 tahun 2014 tentang Perlindungan Mebel Ukir. Namun tidak ada langkah nyatanya ” ujarnya.

Sementara Tahar mengeluhkan tentang tidak adanya lembaga pendidikan yang memiliki prodi ukir. “Peran pemerintah setempat sangat kurang,” ujarnya

Dalam silaturuhmi tersebut  AHY mengungkapkan kekagumannya pada karya relief seniman ukir Jepara. Ia menyebut relief Jepara terbaik. “Potensi yang luar biasa ini harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan,’ ujar AHY.

Ia minta semua elemen partai demokrat untuk mengawal ukir Jepara. “Harus ada proteksi untuk menjaga UNKM  dan kearifan lokal,” ujarnya

AHY pada kunjungan ke Jepara juga melakukan silaturahmi ke Pondok Darul Hikmah Menganti, Kecamatan Kedung. Di Menganti AHY melakukan sarasehan dan sholat magrib.

Dalam Safari Ramadan ini, dari Jepara esok harinya direncanakan akan mengunjungi Kabupaten Kudus. Ia akan berkunjung ke Industri Jenang Cap Keris serta Menyapa UMKM Jenang Kudus. Selanjutnya akan megunjungi Desa Prawoto. Di tempat ini akan silaturahmi, sarasehan dan shalat bersama masyarakat Desa Prawoto.

Hadepe/Alvaros