Peserta pelatihan budidaya lebah Klanceng yang diselenggarakan oleh Pimpinan Aisyiyah Daerah Kabupaten Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pimpinan Aisyiyah Daerah  Kabupaten Jepara telah mengadakan pelatihan budidaya lebah Klanceng, Sabtu ( 29/1-2022). Pelatihan diadakan Dukuh Krasak, Desa Bangsri Jepara ini diikuti oleh perwakilan  SWA ( Sekolah Wirausaha Aisyiyah) dari PCA se Kabupaten Jepara.

Pelatihan budidaya klanceng  ini di koordinator oleh Majelis Ekonomi Daerah (MEKDA) dengan ketuanya   Hj Umi Kulsum didampingi oleh sekretaris Hj Rina sekaligus direktur RM Omah Sambal di Jepara . Kegiatan ini   bekerja sama dengan pemateri dari MEK PDM Jepara yaeti H.Darsyaf   didampingi oleh ketua kelompok pemateri Heri dari Jepara.

Hj Umi Kulsum kepada wartawan menjelaska, salah satu program dari SWA adalah memberdayakan perempuan untuk bisa membantu perekonomian keluarga dengan tidak meninggalkan tugas sebagai ibu rumah tangga.

“Sementara gagasan pelatihan budidaya klanceng ini dilakukan  karena saat ini lebah klanceng dipandang sebelah mata bahkan dianggap mengganggu dan merusak lingkungan . Padahal budidaya Klaceng sangat prospektf dan memiliki nilai ekonomis,” tambahnya.

Tindak lanjut dari pelatihan ini nantinya peserta SWA tiap kelompok harus membuat  5 kotak koloni untuk dikembangkan. “ Hasilnya untuk kesejahteraan anggota dan juga bisa dikembangkan ke orang lain tentunya, ”  ujar  Umi Kulsum’

Hadepe – Nita