KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Di tengah pandemi Covid-19 kinerja PT BPR BKK Kebumen tetap mampu bertumbuh positif. Bahkan pada 2021 perusahaan tersebut meraih laba Rp 15 miliar dan mampu menyalurkan kredit Rp 370 miliar.
Direktur Utama PT BPR BKK Kebumen Sutrisno SE didampingi Direktur Umum dan Kepatuhan Dr H Sudiharto SH MH serta Direktur Pemasaran Sutarto SE mengungkapkan hal tersebut saat menjelaskan capaian kinerja 2021 dan rencana 2022 di Rumah Makan Momong Resto, Jumat (31/12).
Menurut Sutrisno, perkembangan aset PT BPR BKK Kebumen pada 2021 juga meningkat dari Rp 495 miliar menjadi Rp 532miliar. Dana masyarakat juga naik dari Rp 435 milar menjadi Rp 468 miliar pada 2021.
Penyaluran kredit juga naik dari Rp 357 miliar pada 2020 menjadi Rp 370 miliar pada 2021. Yang menggembirakan, dari total kredit tersebut mayoritas disalurkan kepada sektor pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kebumen. Kondisi perusahaan pun saat ini sebagai bank yang sehat.
“Para pelaku UMKM, seperti pedagang pasar tradisional dan PKL menjadi nasabah andalan kami. Kami saat ini benar-benar menjadi perusahaan perbankan yang mandiri dan dituntut terus berninovasi memberika pelayanan kepada pedagang pasar dan PKL,”ujar Sutrisno.
Dari sisi deviden atau setoran kepada pemegang saham Pemerintah Provinsi Jateng (51 persen) dan Pemkab Kebumen (49 persen) pun relatif bagus. Setoran deviden pada 2019 sebesar Rp 6,2 miliar, dengan rincian setoran ke Pemprov Rp 3.201.000000,dan setoran ke Pemkab Rp 3.075.000.000.
Pada 2020 setoran deviden sebesar Rp 7.431.000.000, dengan rincian setoran kepada Pemprov Rp 3.700,000.000 dan kepada Pemkab Rp 3.731.000.000. Pada 2021 setoran deviden Rp 7.216.000.000. Setoran deviden ke Pemprov Rp 3,561.000.000, dan ke Pemkab Rp 3.655.000.
Raih Tiga Penghargaan
Sutrisno menyatakan, berkat perkembangan kinerja yang bagus tersebut sampai saat ini PT BPR BKK Kebumen menduduki peringkat nomor Empat Terbaik di Jateng. Bahkan tahun ini perbankan pemilik Pemrov Jateng dan Pemkab tersebut meraih tiga penghargaan.
Pertama, penghargaan kategori Bank Terbaik dari Sembilan Bersama Media Indonesia Bussines and Company Award 2021. Kemudian majalah Infobank memberi predikat sebagai Bank Sangat Bagus. Ketiga, dari Tree Uni Event Management kategori The Best Reliable BPR In Sevice Excellent of the Year.
Menyinggung kepedulian sosial perusahaan melalui CSR, Sutrisno mengungkapkan, pada 2021 PT BPR BKK Kebumen memberikan paket imun sembako kepada masyarakat sekitar kantor BPR BKK senilai Rp 57 juta. Bantuan jaringan irigasi air tanah (JIAT) untuk Desa Rowokele Rp 29 juta, dan bantuan sarana prasaran air bersih sumur BOR Karanggayam Rp 24 juta.
Direktur Umum dan Kepatuhan PT BPR BKK Sudiharto dan Direktur Pemasaran Sutarto menambahkan, pada 2022 pihaknya berencana memberikan penyaluran kredit bagi nelayan pesisir dan petani air tawar bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen. Kemudian kredit air bersih, jamban dan sanitasi dan Pansimas, serta kredit murah bagi pedagang kaki lima di Kebumen.
“Sesuai misi awal pendirian BPR BKK untuk memerangi rentenir dan pengijon, maka penyaluran kredit kepada UMKM, pedagang pasar dan PKL tetap menjadi prioritas kami pada 2022 agar ekonomi daerah bertumbuh,”imbuh Sudiharto.
Komper Wardopo