Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin memimpin serah terima jabatan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo. Foto: Dok/ist

WONOSOBO (SUARABARU.ID) –  Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI Wonosobo yang digelar di Aula Kanim Wonosob, Selasa (7/12/2021).

Henki Irawan, Kepala Kanim Wonosobo sebelumnya, menyerahkan tongkat estafet kepemimpinannya kepada Ari Widodo, Kepala Kanim Wonosobo yang baru.

Dalam sambutannya Yuspahruddin mengatakan, rotasi dan mutasi dalam sebuah organisasi adalah hal yang lazim. Menurutnya, promosi jabatan merupakan sebuah misteri.

“Tuhan akan kasih ke siapa yang dikehendakinya (jabatan) dan Tuhan copot dari siapa yang dikehendakinya. Artinya kita tidak bisa menduga duga,” kata Yuspahruddin.

“Jadi bagaimana kalau sudah mendapatkan jabatan? Jabatan itu pelihara baik-baik. Harus bisa menjaga amanah itu,” sambungnya.

Yuspahruddin mengatakan, sebuah jabatan adalah ujian yang berat. Orang yang dipercaya mendapatkan jabatan biasanya terlena dengan banyak kenikmatan. Untuk itu, dia mewanti-wanti agar pejabat yang diberi kepercayaan tetap istiqomah dan harus bisa memanfaatkan kesempatan itu.

“Itulah kesempatan kita untuk berterima kasih kepada masyarakat. Oleh karena itu jabatan harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka melayani masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Yuspahruddin kembali mengulas tentang 3 fungsi ASN, yaitu sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan masyarakat serta perekat dan pemersatu bangsa.

“Kalau sekarang ini kita adalah pelayan. Oleh karena itu namanya pelayan dilaksanakan konsep ASN yang berakhlak, berorientasi pada pelayanan, akuntabel harus juga bertanggung jawab, mampu mempertanggungjawabkan pekerjaannya dan harus kompeten,” tuturnya

Yuspahruddin meminta jajarannya untuk terus meningkatkan kompetensi. “Kita harus lebih berkompeten. Harus terus berkembang kemampuannya, kapabilitas juga bertambah. Artinya harus banyak menambah literasi, sering belajar, banyak belajar,” pesannya.

“Tetap tingkatkan literasi, tingkatkan pengetahuan, tingkatkan juga pengetahuan dalam melaksanakan tugas, itu pesan saya,” lanjutnya.

Yuspahruddin berharap semua pegawai Kanim Wonosobo memberikan dukungan penuh kepada pejabat baru.

Di saat yang sama, kegiatan serah terima juga berlangsung antara Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanim Wonosobo yang disaksikan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenkumham Jateng, Restu Yuspahruddin.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Kepala Divisi Keimigrasian, Santosa dan para Kepala UPT se Eks Karesidenan Kedu.

Diketahui, Henki yang telah menahkodai Kanim Wonosobo selama 1 tahun 4 bulan diberikan amanah untuk memimpin Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor.

Ning