Peserta Road Show Media 2021 yang diselenggarakan oleh PWI Jepara bekerjasama dengan Diskom,info Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Untuk memberikan motivasi anak-anak muda  suka menulis,  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara menggelar kegiatan Road Show Literasi Media 2021.

Kegiatan diawali pada Minggu, (14/2/2021), di Perpustakan Ben Pinter, Desa Banjaran, Kecamatan Bangsri yang dikelola oleh pegiat literasi, H. Sholikul.

Ketua PWI Jepara Budi Santoso saat menyerahkan plakat penghargaan kepada  Kepala Kadiskominfo Jepara, Arif Darmawan

Kegiatan tersebut diikuti oleh Karang Taruna Desa Banjaran dengan  menghadirkan 3 narasumber anggora PWI Jepara yaitu Budi Santoso, Alif Sutarto dan Hadi Priyanto. Kegiatan dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan, didampingi  Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Wahyanto, Carik Banjaran dan seluruh awak media di Jepara.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan mengatakan walaupun media sosial saat ini berkembang pesat, termasuk banyaknya berita hoaks yang menyertainya, media masa baik cetak, online maupun elektronik yang dikelola dengan profesional dan menggunakan kaidah penulis  yang benar masih menjadi rujukan.

“Harapan kami masyarakat tidak salah memilih informasi, apalagi terjebak pada berita bohong yang dianggap sebagai suatu kebenaran.

Sementara Ketua PWI Jepara Budi Santoso mengatakan, kegiatan Literasi Media 2021, kali ini mengambil tema “Bangkit dari Pandemi, Pers Sebagai Akselelator Perubahan,”. “Oleh sebab itu kami mengajak  insan pers, termasuk masyarakat dan anak-anak muda untuk  mengawal semua upaya penanggulangan Covid-19,” ujar Budi Santoso yang juga wartawan MuriaNews.

Menurut Budi Santoso, dalam penanggulangan Covid-19, salah satu peran yang harus dijalankan pers yakni memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. “Dengan demikian pers dapat menjadi referensi utama bagi masyarakat untuk melangkah bersama dalam menghadapi pandemi,” tambahnya.

Sedangkan wartawan MNC TV Alip Sutarto, menyampaikan bagaimana proses peliputajn yang dilakukan oleh seorang wartawan hingga dapat menyajikan sebuah berita. “Ada banyak suka duka yang dihadapi oleh seorang jurnalis dalam melaksanakan tugas profesinya,

Kegiatan PWI Jepara untuk menumbuhkan minat menulis generasi muda

Sementara itu Hadi Priyanto  mengajak anak-anak muda di Jepara untuk  menyukai dunia literasi, termasuk menulis. “Menulis yang baik sangat diperlukan  ketika seseorang ingin agar gagasannya diketahui dan dimengerti oleh banyak orang. Utamanya jika tulisan itu  disampaikan  melalui media sosial,  media  cetak maupun online,” ujar Hadi Priyanto yang juga wartawan SUARABARU.ID.  Salah satu kuncinya adalah membaca dan terus berlatih, tambahnya.

Setelah, Road Show  di Desa Banjaran direncanakan pekan depan akan dilakukan kegiatan yang sama di  Desa Langon, Kecamatan Tahunan, dan Desa Sowan Lor, di Kecamatan Kedung.. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi anak muda untuk  suka menulis dan  menulis yang benar agar tulisan itu  bermanfaat bagi masyarakat.

Hadepe-ua