blank
EVAKUASI - Anggota Babinsa Kelurahan Debong Kidul dari Koramil 21 Tegal Selatan, Kodim 0712/ Tegal, Sertu Dasrim berhasil membujuk dan evakuasi Wawan. (foto: tangkapan Vedio)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Viral di medsos, seorang pemuda, Wawan Febriyanto (23) warga RT 04 RW 07 Desa Kepandaian, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, melakukan tindakan tidak lazim telah menguburkan diri di pemakaman keluarga wilayah RT 03 RW 02 Kelurahan Debong Kidul, Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.

Tindakan Wawan dengan menguburkan diri menjadi perhatian warga sekitar apalagi lokasi makam dekat dengan Pasar Kimpling hanya beberapa meter saja.

Anggota Babinsa Kelurahan Debong Kidul dari Koramil 21 Tegal Selatan, Kodim 0712/ Tegal, Sertu Dasrim yang saat itu berhasil membujuk Wawan dengan dibantu warga mengevakuasi pelaku.

“Kondisi badan Wawan saat itu sudah masuk ke tanah sekira 70 cm hanya tampak‎ kepala dan setengah badannya saja dengan posisi wajah menghadap ke dalam tanah. Sementara di sisi kanan dan kirinya terdapat makam,” kata Sertu Dasrim saat dikonfirmasi Minggu, (3/1/2021).

Dasrim menjelaskan, dirinya saat itu Rabu (30/12/2020) sekira pukul 08.00 mendapat laporan dari staf kelurahan Debong Kidul bahwa di wilayahnya ada pemuda yang mengubur diri. Saat tiba di lokasi ratusan orang sudah memenuhi jalan yang melihat namun tidak ada yang berani mendekat.

“Pelaku kubur diri saya dekati ternyata mau diajak komunikasi. Saya kasih salam juga mau menjawab, saya tanya nama juga pelaku mau jawab. Pelaku diperkirakan menggali tanah dengan menggunakan tangan karena di sekitar lokasi tidak ditemukan alat apapun dan sepertinya dilakukan pagi-pagi usai waktu subuh,” ungkap Dasrim.

Bersama warga sekitar akhirnya pelaku kubur diri bisa dievakuasi dan dimandikan. Selanjutnya kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Tegal Selatan dan diserahkan kepihak keluarga melalui pemerintah desa setempat.

Video perbuatan aneh warga tersebut beredar dan viral di media sosial, Kamis (31/12/2020).

Rupanya, Pemuda tersebut beralasan menggali makam dengan menggunakan tangan sendiri karena mendapat bisikan dan ingin kembali ke alamnya. Dia mengaku sudah meninggal dan dihidupkan kembali oleh Tuhan.
.
“Aku pan balik maring alame aku (aku mau pulang ke alam saya),” ‎ujar pemuda itu dalam bahasa ngapak saat ditanya tujuannya oleh warga.

Sebelum melakukan tindakan aneh, pelaku sempat duduk di sebuah warung penjual ayam potong tak jauh dari makam. Kepada pemilik warung, Tarsumi (47) pelaku sempat mengutarakan bahwa dirinya pernah meninggal tapi dihidupkan lagi sama Tuhan. Makanya dirinya ingin kembali lagi ke alamnya.
.
‎”Dia malah pergi ke makam terus nggali tanah sendiri pakai tangan. Nggalinya cepet, tidak sampai setengah jam dalemnya sudah sekitar 70 sentimer, terus langsung berbaring di situ‎ kaya orang dikubur,” pungkasnya.

Nino Moebi