Para mantan siswa Setukpa Angkatan ke-23 saat unjuk kebolehan kolone pedang di lapangan Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo. (Dok/ Lanud)

KARANGANYAR-(SUARABARU.ID) – Sebanyak 339 lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Angkatan ke 23 dilantik dan diambil sumpah oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Fahru Zaini, S.H., M.D.S., menjadi Perwira TNI AU.

Pelantikan dan pengambilan sumpah perwira baru berlangsung pada upacara Prasetya Perwira Setukpa Angkatan ke-23 secara daring di Gedung Auditorium I.G. Dewanto Mabes AU Jakarta dan Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo pada,  Rabu (16/12)

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Wakasau Marsekal Madya TNI Fahru Zaini, S.H., M.D.S., menegaskan pendidikan Setukpa  diselenggarakan lebih efisien dan tetap mengedepankan efektivitas serta mengutamakan nilai-nilai krusial dan  mendasar yang harus dimiliki setiap perwira dalam menghadapi tantangan tugas di masa kini dan masa depan.

“Tanamkanlah rasa percaya diri dan optimisme, yakinlah sekecil apa pun peran yang diemban, karya pengabdian para perwira sekalian adalah kontribusi yang berharga dalam menjamin keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara,” tandas Kasau.

Secara terpisah, Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adi Soemarmo Solo, Kapten Sus Bambang Supriyatno menerangkan, Upacara Prasetya Perwira Setukpa ke-23 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Berbeda karena  dilaksanakan secara virtual dan ditayangkan langsung oleh Airmen TV Dispenau dari Gedung Auditorium I.G. Dewanto Mabesau Jakarta dan dari Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo,” kata dia.

Pendidikan Setukpa TNI Angkatan Udara  Angkatan ke-23 dibuka tanggal 23 Juli 2020,dan diikuti 339 Bintara TNI Angkatan Udara. Terdiri dari 319 Bintara Pria dan 20 Bintara Wanita TNI Angkatan Udara.

Para mantan siswa Setukpa TNI Angkatan Udara  Angkatan ke-23 ini sebelumnya telah menempuh pendidikan selama 5 bulan di Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo. Terpilih sebagai siswa terbaik atas nama Letda Lek Sjamsuri, anggota Diskomlekau.

Bagus Adji-trs