Eddie Hearn (kanan) dan Anthony Joshua/dok

LONDON (SUARABARU.ID) – Eddie Hearn, promotor tinju, membela juara kelas berat IBF, IBO, WBA dan WBO asal Inggris, Anthony Joshua. Hearn meyakini kliennya itu siap memberi bukti dalam duel melawan Tyson Fury yang direncanakan tahun depan. Fury saat ini memegang sabuk WBA.

Akhir pekan lalu, Joshua sukses mempertahankan semua sabuk juaranya setelah memenangi pertarungan kontra petinju Bulgaria, Kubrat Pulev, di SSE Arena, Wembley, Inggris. Mantan kampiun Olimpiade menang KO pada ronde kesembilan. Namun, kemenangan itu ”dilecehkan” Fury.

Fury justru menyebut Joshua sebagai “dosser” alias petinju yang mudah diberi pelajaran dan tidak memiliki kemampuan baik saat berada di dalam ring. Sebelumnya, Fury juga melontarkan ungkapan “dosser” kepada petinju Amerika Serikat (AS), Deontay Wilder. Ejekan itu muncul selepas Wilder kehilangan gelar juara  WBC dari Fury pada Februari 2020.

Label “dosser” kembali dimunculkan Fury kepada Joshua menjelang duel akbar mereka pada 2021. Duel dua petinju top Inggris ini disebut-sebut sebagai pertarungan terpanas tahun depan. Hearn optimistis petinju bakal mampu ”menyumpal” mulut Tyson.

Joshua (31) punya rekor 24 kali menang dan sekali kalah. Sementara Fury (32) mencetak 31 kali kemenangan, sekali seri, dan belum terkalahkan.

rr