Marti Sugiyani/dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Marti Sugiyani, yang akrab disapa Titin, mengaku bangga menjadi match commissioner (MC) atau pengawas pertandingan (PP) sepak bola tingkat nasional. Di Indonesia, baru dua perempuan yang memiliki lisensi nasional.

Titin lulus kursus level MC nasional pada 2017. Sebelumnya, perempuan 41 tahun asal Temanggung ini menyandang predikat MC tingkat Jateng sejak 2011. Selepas resmi menjadi PP, dia langsung dipercaya memimpin Liga 3 Jateng.

”Saya ingin banyak perempuan bisa memimpin pertandingan di Liga Profesional. Kami tak mau keberadaan kami berada di bawah bayang-bayang MC laki-laki,” ujar Titin. Sebagai MC nasional, dia punya beberapa kesan mendalam.

Di antaranya memimpin laga internasional tim wanita Indonesia versus Sri Lanka di Stadion Pakansari Bogor pada 2019. Dia juga memimpin final Liga Elite Pro U-20 yang mempertemukan Persija Jakarta kontra Persib Bandung di Stadion Gianyar, Bali, pada 2018.

”Saya berharap sepak bola Indonesia bisa maju baik dari sisi kualitas pertandingan maupun kualitas perangkat pertandingannya,” ungkap pengurus Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI bidang sepak bola wanita dan komite kompetisi di Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) ini.

Ditanya soal tokoh idola, Titin memilih Ratu Tisha, mantan Sekjen PSSI. Menurut dia, Ratu Tisha punya visi yang luas, cerdas, dan pelobi yang baik. Sekjen PSSI yang memilih mundur itu juga berperan dalam melobi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sehingga Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar tahun 2021.

Perempuan yang sehari-hari sibuk di dunia wirausaha ini menerjuni sepak bola karena menyukai atmosfer dan pernak perniknya. Awalnya, Titin membantu manajemen tim Persitema Temanggung pada 2006 sebagai bendahara lapangan.

Pada Maret 2020, dia menjadi satu-satunya MC perempuan yang diundang PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengikuti penyegaran. Sayang, Liga 1 musim 2020 harus ditunda gara-gara wabah virus corona. Meski demikian, semangat sekretaris Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Temanggung ini untuk terus berkiprah tetap terjaga.

rr